10 Desa se- Sergai Masih Percaya TP4D

Para camat se-Sergai melakukan diskusi terkait MoU TP4D dengan pihak Kepala Desa di aula Kejaksaan Sergai

NusantaraNews.co.id Sudah masuk bulan ke lima di tahun 2018 seharusnya 237 desa se-Sergai sudah menandatangani MoU untuk pendamping hukum terhadap pengelolaan keuangan desa kepada Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangan Daerah (TP4D) Sergai selaku liding sektor. Dari jumlah desa itu 10 desa yang  masih percaya dengan TP4D Sergai.

Hal ini terendus Media ketika TP4D Sergai yang diketuai Kasi Intel Kejaksaan Sergai Edward SH, di dampingi Kasidatun  Erick Bernardus Sarumaha selaku wakil ketua menggelar diskusi pelayanan dan pendamping hukum terhadap keuangan desa yang  menghadirkan 17 camat se Sergai di aula Kejaksaan Sergai Selasa (15/5).

Dalam diskusi umum tersebut Edward SH mengatakan dari 237 desa se-Sergai baru 10 desa yang sudah menandatangani MoU dengan TP4D Sergai,  hingga TP4D tidak mengetahui program apa yang dibuat Kepala Desa yang tidak MoU kepada TP4D hingga Edward meminta penjelasan camat selaku kepala wilayah .

“ Dalam penggunaan keuangan desa sesuai aturan camat masuk sebagai pembina dan pengawasan keuangan desa apakah hal ini camat tidak pernah dilibatkan, sebaliknya jika ternjadi penyalahgunaan keuangan desa maka camat juga pasti akan terpanggil penyidik untuk di periksa” Imbuh Edward membuat para camat agak tersentak.

Menyikapi hal itu,  Direktur lembaga Pemantau  Keadilan Hukum Sugito kepada NusantaraNews.co.id  Rabu (16/5) menilai pihak TP4D terkesan memaksa, pada hal dalam aturannya Kepala Desa tidak diwajibkan untuk menjadikan TP4D sebagai pengawasan keuangan desa terkecuali desa itu yang memintanya” TP4D tidak bisa memaksa kepala desa untuk MoU jadi kepala desa yang tidak bersedia dalam pengawasan TP4D tidak tidak ada masalah intinya pihak desa bisa mempertanggung jawabkan keuangannya” ucap Sugito.

Terpisah salah satu desa yang ada dikecamatan Tanjung Beringin saat di hubungi melalui selulernya sempat mencibir “ Ah sama ajanya kita kerjasama dengan TP4D tapi terperiksa  juga” ucap  singkat meminta untuk di rahasiakan.

Sementara dalam diskusi itu para camat membenarkan bahwa mereka memang tidak pernah dilibatkan dalam pengawasan anggran desa bahkan pihak desa langsung ke Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD) Kab Sergai.(DR01)

Facebook Comments