Aksi Demo di Depan Kantor DPRD Sumut

Medan, Nusantara News – Masyarakat Aliansi Nelayan Sumatera Utara yang terdiri dari FSNN, SNSU, PPNI, MANTAB dan SNM Menggelar Aksi Demo di depan Gedung DPRD Provinsi Sumatera Utara dengan tentang Dasar Penolakan Operasi Trawl atau yang biasa disebut Cantrang . (05/02)

Masyarakat Aliansi Nelayan Sumatera Utara yang berjumlah ribuan orang terdiri dari FSNN, SNSU, PPNI, MANTAB dna SNM melakukan aksi Demo di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara di Jalan Imam Bonjol No. 5 Medan .

Salah Satu Kordinator yang bernama Syawaluddin Pane Mengatakan “kita berkumpul disini bukan hanya sekedar berorasi, kita berharap para Pemerintah menunjukkan Keterpihakannya terhadap Rakyat Kecil . Namun sudah berjam – jam tidak ada Respon . Hanya satu cara agar dapat menyelesaikan Permasalahan yang membuat para Nelayan Menderita yaitu dengan cara Mendukung Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 Tahun 2016” .

Sambungnya, “kami Meminta kepada DPRD Sumut untuk melakukan Penghapusan Pukat yang sudah Merugikan Nelayan Tradisional seperti kami” .

Dalam Orasinya para Aliansi tersebut menyatakan mendukung Kebijakan Larangan alat tangkap Cantrang yang merusak Kelautan di seluruh wilayah Penangkapan Ikan di Sumatera Utara serta Mendesak Pemerintah agar Pro Aktif mengawasi dan melaksanakan Pendataan alat tangkap yang dilarang .

Para nelayan pun meminta agar DPRD Sumatera Utara untuk Menyusun Peraturan tentang Larangan alat tangkap serta Zona Penangkapan ikan sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 tahun 2016 .

Masyarakat yang mengikuti aksi Demo di depan Kantor DPRD SU berteriak bersama “Bakar! Bakar! Bakar! Cangkrang / Trawl” teriakan Masyarakat yang mengikuti aksi Demo pun menjadi Nada – nada yang membuat Semangat .

Setelah menunggu beberapa waktu akhirnya para masyarakat diberikan kesempatan untuk menyampaikan Orasi mereka langsung kepada bapak Mustofawiyah, SE. selaku Anggota DPRD Sumut.

Setelah melewati Perdebatan antara Pihak Masyarakat / Aliansi Nelayan dengan Anggota DPRD SU akhirnya keputusan Akirnya bapak Mustofawiyah, SE. sebagai Perwakilah DRPD SU menyetujui penolakan keras operasi pukat tangkap dan akan membuat larangan atas alat tangkap Trawl .

(Mor-NN)

Facebook Comments