Bupati Sergai Tutup Pelatihan Pendampingan Akreditasi Puskesmas se-Sergai Tahun 2018 *Bupati Soekirman Minta Kepala Puskesmas Tingkatkan  Semangat Juang dan Ikhlas Hati Dalam Bekerja

NN-SERGAI Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Sabtu (10/3 menutup kegiatan Pelatihan Pendampingan Akreditasi Puskesmas se-Sergai Tahun 2018 bertempat di Gedung UPT Pelkes Sumut Medan.

Saat menutup kegiatan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyambut baik terlaksananya kegiatan ini sebagai wujud komitmen tiada hari tanpa belajar, tiada hari tanpa kegiatan yang kita lakukan saat ini. Harapannya adalah bagaimana visi unggul, Inovatif dan Berkelanjutan dapat diwujudkan, bukan hanya visi saja.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa akreditasi adalah pengakuan eksternal yang diberikan oleh lembaga independen terhadap Puskesmas yang mampu memberikan pelayanan bermutu kepada masyarakat dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya tentang pola masyarakat saat setiap orang sakit lebih sering disarankan berobat ke luar negeri seperti ke Penang  ketimbang berobat di dalam negeri. Sementara sebenarnya standar kesehatan di luar negeri setidaknya sama dengan dalam negeri, yang membedakan hanyalah pengakuan eksternal seperti halnya Akreditasi, kata Bupati.

” Mari rebut pengakuan eksternal tersebut khususnya masyarakat Sergai, dan kegiatan ini menjadi titik balik agar mengubah paradigma masyarakat yang biasanya menyarankan orang untuk berobat ke Penang menjadi menyarankan berobat ke Puskesmas Tanjung Beringin,” ajak Bupati yang disambut tepuk tangan riuh dari peserta.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit menyampaikan Kegiatan pelatihan Akreditasi Puskesmas ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 4 s/d 10 Maret 2017.

Tujuan kegiatan adalah meningkatkan mutu layanan dan keselamatan pasien  untuk bisa membuat layanan bermutu pada Puskesmas melalui berbagai proses untuk memenuhi standar mutu layanan. Berkaitan dengan itu diadakanlah pelatihan pendampingan akreditasi bagi 14 Puskesmas yg akan disurvey oleh surveyor akreditasi nasional.

Dinkes Sergai telah melakukan pelatihan pendampingan pada 14 Puskesmas yg belum terakreditasi dari 20 puskesmas, 6 puskesmas dari antaranya telah di survey pada tahun 2017 dan 4 puskesmas telah mendapat pengakuan dari penyelenggara akreditasi FKTP dengan kategori Madya yaitu Puskesmas Dolok Merawan, Puskesmas Tanjung Beringin, Puskesmas Sei Rampah dan Puskesmas Pantai Cermin sedangkan Puskesmas Plus Perbaungan dan Puskesmas Desa PON masih menunggu hasil supervisi team surveyor akreditasi FKTP Kemenkes RI, ujarnya.( DR01)

Facebook Comments