Bupati Sergai : UMKM Merupakan Aspek Penting Dalam Pembangunan Ekonomi Yang Komprehensif

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman berfoto bersama pada acara Fasilitasi Sarana Prasarana Promosi Usaha Mikro bertempat di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (13/3)

Sei Rampah, NusantaraNews.co.id – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri acara Fasilitasi Sarana Prasarana Promosi Usaha Mikro bertempat di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (13/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, para Staf Ahli Bupati, Asisten III, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Guru Besar Fakultas Teknik Kimia USU Prof. DR. Rosdaneli Hasibuan, Direktur BITRA Indonesia Wahyudi, para Camat dan Kepala OPD Sergai.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman memberikan sambutan pada acara Fasilitasi Sarana Prasarana Promosi Usaha Mikro bertempat di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (13/3)

Mengawali sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan aspek penting dalam pembangunan ekonomi yang komprehensif karena sektor UMKM memiliki fungsi yang sangat vital untuk menciptakan pertumbuhan dan lapangan pekerjaan lebih cepat dibandingkan sektor yang lainnya. UMKM juga sangat fleksibel sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan pasang surut dan arah permintaan pasar.

Tak hanya itu, UMKM juga cukup terdiversifikasi dan memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan. Di Indonesia sendiri, sumber kehidupan banyak bergantung pada sektor UMKM dikarenakan usaha kecil ini banyak terkonsentrasi pada sektor perdagangan, pangan, olahan pangan, tekstil dan garmen, kayu, produk kayu serta produksi mineral non-logam, kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati Soekirman mengatakan mengingat pentingnya posisi UMKM dalam perekonomian nasional, hal ini mendorong pemerintah untuk menyiapkan serangkaian kebijakan pengembangan dan peningkatan kinerja UMKM. Kebijakan telah ditetapkan agar tercipta situasi ekonomi yang kondusif baik dalam kebijakan infrastruktur, keuangan dan investasi, salah satunya adalah bantuan dan kerjasama oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara dengan Pemkab Sergai berupa pembangunan Balai Latihan Produksi dan hibah peralatan aneka mesin pembuatan handycraft, mesin penghalus garam dan lain-lain yang bertujuan untuk mengembangkan objek pariwisata di Sergai yang dikenal memiliki potensi pariwisata yang besar khususnya wisata pantai, pungkasnya.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Teknik Kimia USU Prof. DR. Rosdaneli Hasibuan dalam sambutannya menyampaikan bahwa para pelaku usaha yanga produknya belum bersertifikat halal dan belum memiliki izin edar agar segera mendaftarkan produknya guna menaikkan produksi yang ada di Sergai.

Sedangkan Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST sendiri menghimbau para pelaku UMKM Sergai agar memperluas pemasarannya agar tidak kalah saing dengan produk dari luar dan memanfaatkan potensi yang ada.

Sebelumnya Kadis Tenaga Kerja dan Koperasi Sergai Aguslan Simanjuntak memaparkan untuk menyiapkan investasi UMKM dengan konsep memproduksi kebutuhan masyarakat dan mengedepankan kualitas dan harga yang bersaing di pasaran dan menjadikan UMKM sebagai sarana menyerap tenaga kerja di Kabupaten Sergai.

Acara Fasilitasi Sarana Prasarana Promosi Usaha Mikro ini juga dirangkaikan dengan Launching Produksi Garam Beryodium Cap Matahari produksi UD. Soerya Bersaudara dan Balai Latihan Produksi Kabupaten Sergai.

(Bd04)

Facebook Comments