Datuk Setia Payung Negeri  Resmikan Kampung Melayu di Tg Beringin

Wabub  Sergai H.Darma Wijaya gelar Datuk Setia Payung Negeri saat meresmikan kampung melayu

SERGAI-M24

Berbicara tentang kampung melayu budaya merupakan salah satu strategi dalam pemajuan kebudayaan, menurut sensus BPS Tahun 2010 ada 300 kelompok Etnik dan 1,340 suku bangsa, dimana suku melayu merupakan salah satu suku terbesar dengan jumlah populasi 5,3 juta jiwa dengan persentase 2,27 persen besarnya suku melayu di Indonesia mempengaruhi nilai norma dalam bermasyarakat.

Demikian dikatakan Wabub Sergai H.Darma Wijaya gelar Datuk Setia Payung Negeri saat memberikan sambutan pada peresmian Kampung Melayu di Desa Pekan Tanjung Beringin, Kec Tanjung Beringin, Sergai Minggu ( 16/12) sore.

T. Abdul Azim dan Mahyu Danil Menyerahkan balai kepada Wabub Sergai H.Darma Wijaya gelar Datuk Setia Payung Negeri 

Sebagai salah satu etnis dengan presentase yang cukup besar, melayu memiliki kebudayaan yang amat kaya,  bentuk  kekayaan melayu itu sendiri terwujud dalam daya cipta, karya dan karsa. Wujud daya cipta kebudayaan melayu berupa benda hasil karya manusia, wujud dari karya berupa hasil karya kesenian sedangkan wujud karsa merupakan ide, gagasan dan nilai maupun norma masyarakat.

Besarnya kebudayaan melayu namun dikatakan Wabub, kurang mendapat perhatian yang memadai akibat arus era globalisasi dari budaya luar dan pesatnya perkembangan tekhnologi digital hal ini menjadi permasalahan ketika kita telah kehilangan jati diri sebagai masyarakat yang berbudaya untuk itu strategi yang bisa kita lakukan adalah membentuk kampung budaya.

“ Dengan dibentuknya kampung budaya melayu di Desa Pekan Tanjung Beringin ini saya harapkan seluruh masyarakat  mendukung program pemerintah daerag agar budaya melayu dapat terus dilestarikan sesuai dengan slogamn “ Takkan melayu hilang di bumi”  nilai buadaya melayu merupakan warisan budaya benda  harus terus dijaga dan dilestarikan” paparnya mengahiri.

Sebelumnya Perwakilan Kampung Budaya Melayu Emda Pratama menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkab Sergai yang telah mempercayakan  Kampung Melayu di Desa Pekan Tanjung Beringin,  bahkan dalam kesempatan itu Emda Pratama memberikan hadian kepada Ramlan alias Obay warga Desa Tebing Tinggi yang setiap harinya memakai baju melayu dan di serahkan wakil ketua MAPMI Kab Sergai OK. Surian.

Dalam kegiatan itu juga di awali dengan sejarah Negeri Bedagai yang dibawa oleh T. Abdul Azim dan serta apresiasi dari pengurus kampung Melayu Zulham Hasibuan sedangkan ketua  Panitia Kadis Poraparbud Santun Bajar Nahor mengatakan terbentuknya kampung melayu itu berupakan hasil dari perbub yang menempatkan Desa Pekan Tg Beringin sebagai kampung melayu.

Selain Wabup Sergai H Darma Wijaya, juga hadir Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin, Staf Ahli Bupati, mewakili Dinas Pariwisata Provinsi Sumut, Kepala Museum Provinsi Sumut, Kadis Pora Parbud Drs Santun Banjarnahor beserta jajaran serta ratusan masyarakat Melayu. (DR01)

Facebook Comments