Dimas Tri Adji, S. I. Kom Inspirasi Tokoh Muda Sergai

Dimas Tri Adji, S. I. Kom

Kaum muda memainkan peran peting di dalam pemerintahan. Tetapi sebagai pemangku jabatan, para pemuda jarang dipertimbangkan dibandingkan tokoh yang lebih senior dan berpengalaman. Namun, hal itu tampaknya telah berubah dalam  satu dekade terakhir. Dalam beberapa tahun belakangan, semakin banyak politisi muda yang dipercaya memegang jabatan tinggi di pemerintahan.

Menyoroti tokok muda itu terinspirasi sesosok pemuda yang tinggal  di Jl. Kabupaten Kel. Simpang Tiga Pekan Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai ( Sergai) Prov. Sumatera Utara. Dimas Tri Adji,S.I.Kom. ia lahir di Medan 7 September 1990. Usianya  yang masih 29 tahun ternyata menyimpan segudang pengalaman di organisasi  dan pria bertubuh tinggi berkulit putih bereokan ini tersohor di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat  sebagai penggiat berbagai pelaku usaha.

Panggilan akrapnya Dimas  saat ini sedang menyelesaikan Studi Magister (S-2) Ilmu Komunikasi di USU merupakan Pemilik dan Pengelola TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Pujakesuma Medan, ABE ROAD MUSIC STUDIO dan PANGKAS RAMBUT KERMAN, Tahun 2010 – sekarang, Dimas juga Kru Event Organizer KISS-PRO Medan, Tahun 2011, Publisher Local Film Rumah Tanpa Jendela Wilayah Kota Medan, Tahun 2011, Relawan Tim GusMan (Gus Irawan Pasaribu – Soekirman) dalam Pilgubsu, Tahun 2013, Praktisi Agrobisnis Tanaman Melon dan Semangka di Sergai, Tahun 2013-2015.

Sebagai anak ke tiga dari lima bersaudara pasangan Ir. H.Soekirman dan Hj.Marliah dan memiliki abang kandung Searca Agung Nugroho, SE dan Panji Septo Cahyo, ST serta Dipa Wicaksono dan Prasetyo Feldaping sebagai adik kandung dan melepas lajangnya di tahun 2018 lalu hidup bersama istri tercinta Putri Mega Kartikasari, S.STP juga pernah menggeluti bisnis sebagai  Pemilik Kafe Senjapala Medan, Tahun 2014 -2017 bahkan ia pernah menjadi Asisten Sutradara Production House SFD dalam Produksi Klip Pariwisata “Awak Love Sergai”, tahun 2014 juga Relawan Tim Soerya Bersaudara (Soekirman – Darma Wijaya) dalam Pilkada Sergai, Tahun 2015, Panitia Kejurnas (Kejuaraan Nasional) Arung Jeram R4 di Sei Bingei Langkat, Tahun 2015, Anggota Pakem (Panitia Kemitraan) Program PAMSIMAS Kab. Sergai, Tahun 2016, Manager Klub Bola Agtagana Perbaungan (Liga Remaja PSSI U-15, Liga 3 Zona Sumut), Tahun 2017 ,Offisial Tim Futsal Mahasiswa Sumatera Utara dalam POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) ke XV di Makassar, Tahun 2017, Manager Klub Bola PS Sergai U-15, Tahun 2018. Dimas juga sebagai Pendiri Assyifa Pro Education Center Medan, Tahun 2018, Pembina dan Pengelola UD Soerya Bersaudara, Tahun 2018 – sekarang.

Untuk menambah ilmunya ia juga aktif mengikuti seminar dan pelatihan  sebagai Peserta Seminar “Rolling Stone Music Biz On Campus” oleh OneDollarMusic dan Rolling Stone Magazine di Medan, Tahun 2010, Peserta Kuliah Umum Komunikasi oleh Dr. Yuliandre Darwis Ph. D (Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia) di Medan, Tahun 2016, Peserta Konferensi “The 1st International Conference on Social and Political Development” (ICOSOP) oleh FISIP USU di Medan, Tahun 2016, Narasumber Kewirausahaan dalam Pelatihan Keterampilan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Sergai, Tahun 2017-2018, Narasumber Sosialisasi Inovasi Desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyakat dan Desa Kab. Sergai, Tahun 2018, Peserta Business Matching antara Pelaku UKM Sumatera Utara dengan Pelaku UKM Kab. Belitung dalam acara Belitung Expo 2018 di Tanjung Pandan, Belitung, Tahun 2018, Narasumber Seminar Kesehatan Penanggulangan Stunting oleh Dinas Kesehatan Kab. Sergai, Tahun 2018.

Pria yang memiliki hobi Traveling, Kuliner, Musik juga punya banyak pengalaman organisasi bahwa sejak masih pelajar sudah  rakus dengan organsisasi dan komunitas, masih pelajar di tingkat SMP, SMA sudah menjadi wakil ketua OSIS di Sekolahnya, ia juga anggota KAM (Kelompok Aspirasi Mahasiswa) Komunikasi – FISIP USU, Tahun 2010, Anggota Komunitas UI (United Indonesia) Medan  – Fans Klub Sepak Bola Manchester United, tahun 2011, Anggota Komunitas PRMI (Pena Real Madrid Indonesia) Medan – Fans Klub Sepak Bola Real Madrid, tahun 2012, Pendiri Komunitas PMID (Pena Madridista Indonesia) Medan – Fans Klub Sepak Bola Real Madrid, tahun 2014, Pengurus FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) Sumatera Utara, Periode 2014-2018 & Periode 2018-2022, Pengurus PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Kab. Serdang Bedagai, Periode 2015-2019, Pengurus IMAMIKOM (Ikatan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi) USU, Periode 2015-2016, Wakil Ketua Bidang Bappilu DPD Partai NasDem Kabupaten Serdang Bedagai, 2016- sekarang, Pengurus ASSI (Asosiasi Street Soccer Indonesia) Sumatera Utara, Periode 2016-2021, Pengurus HIMASDAT (Himpunan Masyarakat Adat) Kab. Sergai, Tahun 2017

Penasehat Karang Taruna Kel. Batang Terap Kec. Perbaungan Kab. Sergai, Tahun 2018, Pengurus ,HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kab. Serdang Bedagai, Periode 2018-2022 ,Anggota Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kab. Sergai, Tahun 2018, Anggota Dewan Etik IWO (Ikatan Wartawan Online) Kab. Sergai, Periode 2018-2023, Pengurus DPD PERHIPTANI (Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia) Sergai, Periode 2019-2024.

Penuhnya pengalaman baik di organisasi dan komunitas membuat Dimas memantapkan diri untuk mewakili rakyat di tingkat Provinsi kini ia pun berjuang,  pengalaman yang masih di miliki Dimas ini pun menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda yang ada di Indonesia khusunya Kabupen Serdang Bedagai.(DR01)

Facebook Comments