Dinkes Sergai Salurkan Obat Kaki Gajah

Wabub Sergai H. Darma Wijaya di dampingi Kadis Kes Sergai dr. Bulan Simanungkalit M.Kes secara simbolis menyerahkan obat kaki gajah kepada perwakilan warga

NusantaraNews.co.id Dinas Kesehatan Kab Sergai secara simbolis menyerahkan obat kaki gajah yang langsung di serahkan Wabub Sergai H. Darma Wijaya di dampingi Kadis Kesehatan Kab Sergai dr.Bulan Simalungkalit M.Kes kepada masyarakat usai mengelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kab Sergai 2018 Senin (1/10) dihalaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Dikatakan dr.Bulan Simanungkalit  usai penyerahan yang juga di saksikan, Wakapolres Sergai Kompol Edi Bona Sinaga,  Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Muhsin, S.Ag, Kakan Kemenag DR. H. Syafii, MA, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Pejabat Administrator, Pengawas kepada M24 mengatakan pada tahun 2005 Kementrian Kesehatan melaksanakan survey di Sergai memeriksa microfilariasis sebanyak  >1% dari sampel 500 orang dan ditemukan 10 orang penderita penyakit kaki gajah. Dengan presentasi ≥ 1 % maka sejak itu Kementrian Kesehatan mengatakan Sergai  sebagai salah satu daerah Endemis Filariasis dan harus makan obat setiap tahun selama 5 (lima) tahun.

Dijelaskan Bulan lagi pada tahun 2014 pemkab Sergai  secara serentak memakan obat yang pertama untuk pencegahan terhadap penyakit Filariasis sampai tahun 2018 dan ini merupakan tahun yang kelima dilaksanakan memakan obat secara serentak setiap bulan oktober diseluruh Indonesia yang merupakan daerah endemis penyakit filariasis

Tahun pertama yaitu tahun 2014 cakupan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis sebanyak 90,7% .Dan setiap tahunnya 2015,2016 dan 2017 secara serentak di peroleh cakupan POPM berturut-turut 98%,92% dan 92 %. Harapan kita di tahun kelima tahun 2018 ini cakupan POPM tercapai > 65% .

Pada tahun 2019 di Kab Sergai  melaksanakan evaluasi pelaksanaan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis yaitu daerah Kecamatan Teluk Mengkudu dan Kecamatan Tebing Tinggi untuk mengetahun sejauh mana penyebaran microfilariasis agar Kabupaten Serdang Bedagai terbebas penyakit Filariasis sesuai komitmen Negara terbebas dari penyakit Filariasis Tahun 2020, ucapnya mengahiri.(DR01)

Facebook Comments