Dinkes Sergai Sudah Lakukan Ini Untuk Masalah HIV

NusantaraNews.co.id. Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara ternyata sudah melakukan beberapa  upaya untuk penderita HIV sesuai kewenangannya Dinkes Sergai telah  memberdayakannya klinik VCT yang ada di Sei Rampah, Perbaungan, Paya Lombang, Naga Kesiangan, dan RS. Sultan Sulaiman Sergai.

Kadis Kesehatan Kab Sergai dr. Bulan Simanungkalit M.Kes kepada NusantaraNews Jumat (28/9) mengatakan selain memberdayakan klinik VCT pihaknya juga melakukan pemutusan rantaian penularan dari ibu ke anak dengan dilakukannya skrening test kepada ibu hamil, begitu juga kepada penderita TB dan Suspec TB, melakukan edukasi kepada anak sekolah melalui penyuluhan, dan juga menyediakan mobil klinik.

Penderita HIV diakui dr. Bulan Simanungkalit ada 17 orang dan kebanyakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan semua penderita HIV lanjut Kadiskes yang akrap disapa Bulan ini harus diobati dan diberi edukasi supaya tidak menjadi sumber penularan dan penderita HIV juga wajib mendapat perlindungan juga tidak boleh nama-nama mereka di publikasikan.

Terpisah Direktur Ekonomi Cosial Control (ECOSOS) Indonesia B. Tua Pangaribuan, SE mendukung sepenuhnya upaya yang sudah dilakukan oleh Dinkes Sergai, malasah HIV harus di selesaikan secara bersama bukan dari pemerintahan saja, masyarakat, ormas, tokoh agama juga tokoh lainnya dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk memahami masalah penyakit tersebut, bukan hanya mendesak pemerintahan saja namun bisa memberikan solusi dan secara tidak langsung memberikan pemahaman kepada warga kita sendiri baik tetangga maupun keluarga.

“ Semua tahu dengan penyakit HIV  ini juga peran kita bersama tidak bisa membantu orang lain setidaknya di keluarga kita sendiri agar di berikan pemahaman supaya  virus itu tidak berkembang jadi orang yang berkoar tidak jelas itu hanya bisa menyudutkan bukan memerikan solusi yang baik” cetus B Tua Pangaribuan.( DR01)

Facebook Comments