Erry Minta Sekolah Gelorakan Kembali Senam Pagi

80

NN: Senam yang dulunya dilakukan di sekolah-sekolah setiap pagi, kini mulai memudar. Untuk itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta agar senam pagi dapat digelorakan kembali.
“Kalau dulu ketika kita masih sekolah, selalu ada senam sebelum masuk ke kelas. Kalaupun masih ada, tapi belum menyeluruh. Senam harus kita gelorakan kembali,’’ ucap Tengku Erry saat mencanangkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Batu Bara, Senin (30/10/2017).
Untuk itu Erry berharap kepala daerah dapat menginstruksikan sekolah-sekolahnya agar senam pagi diaktifkan kembali. ‘’Tolong Pak Bupati, perintahkan sekolah untuk melakukan senam pagi sebelum masuk ke kelas. Ini bagian dari gerakan hidup sehat dan saya juga akan meminta Kadis Pendidikan (Sumut) agar senam ini dapat digelorakan kembali di seluruh sekolah di Sumatera Utara ini,” ucap Erry.
Dalam kesempatan itu, Erry menyampaikan maksud Germas ini disosialisasikan, karena sesuai RPJMD 2005-2025 bidang kesehatan diutamakan pencegahan daripada pengobatan. Karena pencegahan lebih baik dari pada mengobati.
“Karena itu Germas ini bagaimana menciptakan hidup sehat, antara lain berperilaku sehat seperti senam pagi, senam sehat. Berolahraga yang teratur, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, cek kesehatan secara rutin, jaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat,” jelas Erry.
Sementara itu, Plt Bupati Batubara, RM Hary Nugroho mengatasnamakan masyarakat Batu Bara mengucapkan terima kasih atas perhatiannya Gubernur melaunching Germas di Batu Bara.
Selain itu, Bupati juga mengucapkan terimakasihnya atas perhatian Gubsu dengan menanggung 16.455 warga Batu Bara untuk menjadi PBI Sumut Sehat JKN-KIS.
“Saya juga ucapkan terimakasih kepada masyarakat atas upaya bersama dan mampu tidak lagi membuang air besar sembarangan dan kini telah mengakses jamban sehat. Bagi yang belum, diharapkan untuk segera agar 2018 nanti target 80 persen jamban sehat dapat diwujudkan,” harapnya.
Disela-sela pidatonya, Gubsu melontarkan pertanyaan tentang 4 sehat 5 sempurna. Saat itu salah seorang siswa SD bernama Bintang berlari ke atas panggung untuk menjawab pertanyaan berhadiah yang diajukan gubernur. Meski sedikit ada yang salah, namun Bintang berhasil menjawabnya.
Tak hanya Bintang, bidan, akademi perawat, kader posyandu juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjawab pertanyaan yang diberikan Tengku Erry.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here