FSQ XVI Kab Sergai Perlombakan 10 Cabang

PERBAUNGAN-NN
10 Cabang mulai cabang vokalis anak-anak putra 13 orang, cabang vokalis anak-anak putri 13 orang, cabang vokalis remaja putra 13 orang, cabang vokalis remaja putri 13 orang, cabang vokalis dewasa putra 13 orang, cabang vokalis dewasa putri 13 orang. Cabang Qasidah klasik remaja putra 8 kelompok, cabang Qasidah klasik remaja putri 10 kelompok, cabang Qasidah klasik dewasa putra 3 kelompok dan cabang Qasidah klasik dewasa putri 6 kelompok akan di Perlombakan pada Festival Seni Qasidah (FSQ) XVI Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2019 Selasa (12/2).
Ketua Panitia  Sekdakab Sergai Drs. H. Hadi Winarno, MM yang dibacakan Aisten Ekbangsos Ir. H.Kaharuddin mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai sarana pembinaan kesenian dan kebudayaan bernuansa Islami serta sebagai media penyebarluasan dakwah Islam guna meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.
Kegiatan ini mengambil Tema ” Melalui FSQ XVI tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2019 kita lestarikan Seni dan Khasanah Budaya Islam dalam membangun generasi yang Unggul dan Bermartabat”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 15 Februari 2019  bertempat di lapangan bola kali Desa Paya Mabar Kecamatan Tebing Tinggi.
 Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan  Penyelenggaraan FSQ XVI Kabupaten Sergai Tahun 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 15 Februari 2019 ini merupakan moment yang pertama kali pelaksanaan seremoninya terpisah dari MTQ. Hal ini dimaksudkan agar kemeriahannya dapat lebih dirasakan diseluruh wilayah kecamatan se-Kabupaten Sergai. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.
Seni qasidah diharapkan dapat membentengi diri dari pengaruh budaya terutama yang tidak sesuai dengan budaya bangsa. Apalagi akhir-akhir ini sudah sampai pada tahap mencemaskan. Budaya luar sudah lebih didominasi oleh kalangan generasi muda melalui teknologi informasi yang tidak cerdas dalam menyikapinya dan berakibat fatal
Penyelenggaraan FSQ XVI diharapkan Soekirman dapat melahirkan peserta yang berprestasi serta mencari bibit-bibit pemain qasidah berkualitas yang nantinya akan menjadi duta Kabupaten Sergai pada kejuaraan tingkat provinsi maupun nasional.
FSQ ini bukanlah tujuan akhir, namun yang lebih penting lagi adalah sebagaimana seni qasidah dapat berkembang luas di tengah-tengah masyarakat Sergai. Tidak hanya dikalangan orang-orang tua tetapi juga generasi muda. Tutup Soekirman. (DR01)
Facebook Comments