Gubsu Buka Festival Kopi Dan Kuliner Nusantara Kota Tebing Tinggi

Wagubsu H Musa Rajekshah bersama Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan serta Forkopimda saat membuka Festival Kopi dan Kuliner Nusantara (halal food) di Kota Tebing Tinggi.
TEBINGTINGGI-NN
Gubernur Sumatera Utara diwakili Wagubsu H Musa Rajekshah bersama Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan membuka Festival Kopi dan Kuliner Nusantara (halal food) Kota Tebing Tinggi, Sabtu (8/12/2018) sore, di Lapangan Sri Mersing Jalan Sutomo kota Tebing Tinggi.

Wagubsu mengatakan, bila Kota Tebing Tinggi ingin mewujudkan kota ini menjadi kota jasa dan perdagangan dan bila ingin meningkatkan perekonomian masyarakat, semakin banyak kunjungan-kunjungan masyarakat dari luar daerah ke kota ini adalah dengan cara membuat event-event seperti sekarang ini.

“Semakin banyak kegiatan, bukan hanya secara ekonomi, tapi dampak promosi daerah kita ke depan semakin baik, tahun depan akan ada event otomotif rally yang mendatangi Sumatera Utara yaitu kejuaraan Asia Pasifik dan akan diadakan di Kota Tebing Tinggi sebagai ruan rumah,” ujarnya.

Gubsu menargetkan di tahun 2020 harus lebih banyak lagi event-evet internasional dan bahkan kejuaraan-kejuaraan dunia di cabang-cabang olahraga, karena tanpa kita sadari dengan adanya event-event akan terpromosikan kota/daerah kita yang tidak hanya di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri, “Karena selama ini orang tahunya Sumatera Utara itu hanya Kota Medan saja,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubsu berharap bahwa Kopi yang ada di Indonesia selama ini di export keluar oleh perusahaan asing dan diberi merek oleh mereka dan dikembalikan lagi ke Indonesia dan juga diexport ke negara lain, kalaulah ini bisa dikelola dengan baik, dirinya yakin bukan perusahaan asing yang mengexport itu tapi kita sendiri sebagai pengexportnya.

Sementara Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan bahwa festival kopi dan kuliner nusantara (halal food) ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kota Tebing Tinggi untuk tahun 2018. “Event ini akan diadakan terus-menerus, karena kami ingin menjadikan visi sebagai kota jasa dan perdagangan memang benar sebuah program salah satunya melalui kegiatan seperti ini,” ujar Wali Kota.

Sedangkan terkait kuliner, Wali Kota mengatakan bahwa pernah melakukan diskusi dengan sejumlah turis Arab dan sekitarnya terutama Malaysia, kenapa tidak berkunjung ke Sumatera Utara yang sedemikian dekat dan mereka menyatakan susah mencari makanan halal di Sumatera Utara.

“Kelemahan dari restoran kita belum mencantumkan ‘Halal Food’ didalam promosinya, oleh karena itu kuliner halal food ini akan menjadi bahagian dan menggerakkan dan menggairahkan para pengusaha restoran agar mencantumkan nama restorannya dan juga sertifikat halal foodnya,” tegas Wali Kota.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD diwakili Wakil Ketua I M Hazly Azhari Hasibuan beserta anggota DPRD, Kajari Tebing Tinggi Muhammad Novel, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi SIK, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Bupati Sergei H Soekirman, para kepala OPD se Tebing Tinggi, para kelompok tani, pelaku usaha, para exportir kopi Indonesia dan Ketua Apindo Tebing Tinggi Ir H Safriudi Satrio. (Ron)

Facebook Comments