Hadir di Pelantikan IKINNDO Soerkiman “ Mendukung Putra Daerah Untung Buat Peternak”

Bupati Sergai Ir.H.Soekirman meninjau alat-alat inseminator pada pelantikan Kepengurusan Ikatan Inseminator Indonesia (IKINNDO)

NusantaraNews.co.id Mendukung putra Daerah Sergai untuk maju sebagai legislator provinsi maupun pusat dapat membuat kebijakan yang menguntungkan bagi peternak didaerah kita. Ucap Bupati Sergai Ir.H.Soekirman saat memberikan sambutan pada pelantikan Kepengurusan Ikatan Inseminator Indonesia (IKINNDO) Kabupaten Sergai, Simalungun, dan Deli Serdang Periode 2018-2023 sekaligus dirangkai dengan Musda IKINNDO Provsu Tahun 2018 di Pantai Pondok Permai Minggu (25/8).

Soekirman memberikan kunci rumusan sederhana, tidak bisa mencapai suatu tujuan jika tidak menjalankan dan memahami 3K yaitu K yang pertama adalah Kebijakan melalui Undang-undang, Peraturan, dan kebijakan lainnya sehingga petugas IB harus memahaminya sebelum melakukan tugas. Namun tanpa dukungan legislasi yang membuat kebijakan tentang ternak, maka walau bagus program kita maka tidak akan dapat berjalan dengan baik.  Untuk itu mari kita dukung putra daerah Sergai untuk maju sebagai legislator provinsi maupun pusat agar dapat membuat kebijakan yang menguntungkan bagi peternak didaerah kita” paparnya

Kemudian K yang kedua adalah Kelembagaan. Tidak mungkin kita bekerja dari pintu ke pintu secara perorangan. Maka dengan adanya kelembagaan yang bagus maka akan lebih baik dan teratur pelaksanaan program pertanian dan peternakan yang dapat dijalankan. Karena kelembagaan itu bukan hanya merek dan AD/ART saja, namun lebih kepada akuntabilitas dan transparansi kepada masyarakat. Sedangkan K yang ketiga adalah Kebersamaan. Hari ini kita merasakan kebersamaan dan kekompakan meskipun tidak banyak yang hadir.

Namun saya percaya ada ratusan orang dibelakang tenaga IB sekalian. Semua agar gerakan IB ini menjadi gerakan Semesta yang menjadikan daerah sebagaj target peternakan unggulan guna mendukung ketahanan pangan rakyat Indonesia. “ Mari ingat K3 tersebut, jika sulit mengingatnya  tolong ingat saja Konco-Konco Kirman (K3)” ujar Bupati berkelakar.

Sebelumnya Pembina DPW IKINNDO Provsu Ir. Harapan Hutauruk, M.Si menyampaikan  sejarah pada 8 Desember 2016 terbentuknya INKINNDO Sumut
yang saat itu dengan segala keterbatasan dana dan tenaga. Terjadinya perang tarif diantara petugas inseminasi yang ada yang menjadi latar belakang dibentuknya IKINNDO yang saat itu ada sekitar 300 Petugas Inseminator Buatan (IB) di Sumut.
Solusi dengan membentuk IKINNDO diharapkan perang tarif dapat berkurang dan terbagi ratanya pendapatan bagi petugas IB tersebut.

begitu juga dikatakan Ketua DPW IKINNDO Sumut Ahmad Zulfan Nasution, SH ada 220 orang anggota tetap INKINNDO Sumut yang tercatat hingga saat ini. Besar harapan kami kepada Bupati dan Wabup serta dinas terkait agar kiranya dapat menyumbangkan saran dan kritik serta bantuan lainnya demi berkembangnya INKINNDO di Sumut ini.

Acara  yang dihadiri Anggota Komisi B DPRD Provsu Ir. Wasner Sianturi, Pembina DPW IKINNDO Provsu Ir. Harapan Hutauruk, M.Si, Ketua DPW IKINNDO Sumut Ahmad Zulfan Nasution, SH, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu Ir. Dahler Lubis, MMA, Kadis Ketahanan Pangan Sergai Ir. Muhammad Aliuddin, SP, MP, Kabid PIKP Diskominfo H. Zainal Abidin, S.Pd, anggota DPRD Sergai Merianto dan Usman Effendi Sitorus, Komunitas Sapi Indonesia Provsu, tokoh penggiat UMKM Dimas Triadji serta kepengurusan Petugas Inseminator Buatan (IB) Kabupaten/kota se-Sumut diisi dengan penyerahan plakat, ucapan selamat dan peninjauan alat-alat inseminator oleh Bupati.(DR01)

Facebook Comments