Jelang Asian Games Kapolda Sumut Siapkan Satgas Cegah Kebakaran Hutan

Medan, Nusantaranews.co.id – Asian Games 2018 sebentar lagi akan segera digelar di dua kota besar Indonesia, yakni DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. Meski tak menjadi tuan rumah, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw memastikan selama Asian Games 2018 pihaknya melakukan perketatan keamanan mencegah kebakaran hutan dan lahan (Kahutla).

“Pimpinan memerintahkan ya, kami dikumpulkan Kapolri untuk cipta kondisi. Indonesia kan pernah impor asap ya, jadi diwanti-wanti oleh Kapolri untuk tidak ada kebakaran hutan,” kata Paulus di Mapolda Sumatera Utara, Kamis (28/6).

Untuk itulah dirinya membentuk satgas yang disiagakan di setiap Polres. Hal itu agar dengan cepat melakukan penanganan apabila terjadi Kahutla.

“Kita bentuk satgas. Jadi kalau kalian ke polres-polres ada alat semprot dimodifikasi oleh Polres itu, mereka buat sendiri. Jika ada lahan yang kebakar jadi bisa disemprot segera,” jelasnya.

Mantan Kapolda Papua ini pun mengimbau kepada masyarakat ikut menjaga hutan dan lahan sekaligus ikut melakukan sosialisasi. Selain itu, pihaknya juga telah membuat suatu aplikasi untuk memantau titik api jika terjadi Kahutla.

“Kita juga himbau dan sosialisasi kepada masyarakat ya. Termasuk alat melalui aplikasi di handphone kan ada ya, kalau ada tanda merah titiek merah api kan bisa langsung dicek sama pimpinan di yang paling terdekat,” tandasnya.

(m.diq)

Facebook Comments