KPU Sumut Gelar Debat Kandidat Pilgubsu yang Ke Tiga

Medan, NusantaraNews.co.id – Debat publik ketiga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut di Hotel Santika Dyandra Medan dan disiarkan langsung oleh iNews dan Tv One , Selasa (19/6/2018) malam. Dalam debat terakhir ini, KPU mengingatkan kepada masyarakat Sumut menjadi pemilih cerdas pada Pilgub Sumut 27 Juni mendatang.

Debat publik ini mempertemukan kedua pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Adapun tema debat tentang penegakan hukum dan hak azasi manusia (HAM).

Ketua KPU Provinsi Sumut Mulia Banurea menyampaikan, sebelum menggunakan hak pilih pada Pilgub Sumut, masyarakarat diharapkan terlebih dahulu mengetahui visi misi dan program-program pasangan calon. Pilgub Sumut menjadi momentum penting bagi masyarakat Sumut untuk memilih pemimpin terbaik Sumut.

“Inilah momentum kita dalam pelaksanaan Pilgub Sumut. Kenapa setiap lima tahun sekali kita menggunakan hak pilih kita? Karena inilah momentum kita untuk berdaulat, menentukan siapa yang memimpin Sumut lima tahun ke depan. Dengaan menggunakan hak pilih, kita ikut membangun Sumut yang sangat kita cintai,” papar Mulia sebelum debat dimulai.

Mulia juga meminta kepada seluruh komisioner KPU kabupaten/kota di Sumut untuk bekerja profesional menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu. “Kepada seluruh KPU kabupaten/kota, tetaplah saklek, profesional, dan jaga integritas. Jangan coreng proses demokrasi di Sumut,” kata Mulia.

Sementara kepada para pasangan calon dan tim kampanye juga diminta menjaga kondusivitas di Sumut menjelang Pilgub Sumut dan pada hari H nanti. “Jaga kondusivitas dalam Pilgub Sumut,” katanya.

 

(m.diq)

Facebook Comments