Lurah Medan Selayang Apresiasi PEKNAS Sumut

Medan, Nusantaranews.co.id – Perwakilan Lembaga PEKNAS (Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional). PEKNAS ini sudah didirikan sejak bulan Maret 2016 di Jakarta melalui akte Notaris dan secara legal disahkan dalam Surat Kemenkum ham RI dengan nomor AHU 0043290.AH.01.07 tahun 2016, dan telah terkonfirmasi sebanyak 23 pengurus wilayah di Indonesia. Adapun visi dari Lembaga PEKNAS ini adalah “Mewujudkan kesejahteraan Rakyat Indonesia secara ekonomi mandiri dan daya saing yang kuat”.

“PEKNAS yang sejatinya wadah bagi masyarakat misikin kota dan miskin desa ntuk meningkatkan kesejaheraan melalui pendidikan, pelatihan yang kami buat dan pengembangan secara independen dan disini warga dapat menyalurkan ide-ide kreatif dan inovatifnya, dengan begitu kesejahteraan warga akan meningkat,” jelas Riko, Ketua PEKNAS Sumut saat diwawancarai (14/8/2018).

Dalam melakukan pelatihan, pendidikan, kajian, penelitian, analisis dan pengembangan, PEKNAS bekerjasama dengan pemerintah, parlemen, otoritas keuangan, organisasi masyarakat sipil, perguruan tinggi lembaga-lembaga penelitian nasional/ daerah di Indonesia, ormas sipil, BUMN dan BUMD.

“PEKNAS juga akan menjadikan BUMDes (Badan Usaha MilikDesa) salahsatu program pelatihannya karena progam ini langsung bersentuhan dengan masyarakat Desa dan warga Negara yang terkecil dan merealisasikan fungsi dan peran dalam masyarakat perorangan dan dapat menhimpun semua lapisan masyarakat yang ada di Desa yaitu Kades, LKM, penguasa, dan sebagainya.

“Selanjutnya PEKNAS ikut berperan dalam BUMDes baik dari segi pelatihan, pendampingan dan pengembangan dan bahkan inisiator dalam pembentukan BUMDes jika Desa tersebut belum ada BUMDesnya,” tambah lelaki yang peduli terhadap rakyat kecil ini.

Selain itu PEKNAS meyakini bahwa Koperasi Usaha Kecil – Mikro (KUKM) merupakan sektor yang penting dan besar kontribusinya dalammewujudkan peranserta dalam pembangunan ekonomi nasional, seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, kesempatan kerja, pengingkatan devisa Negara dan pembangunan ekonomi daerah .

Untuk itu PEKNAS mendorong pemerintah baik pusat maupun daerah agar membuat kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dan perkotaan yang terkait langsung dengan Koperasi dan KUKM.

Dalam hal lain PEKNAS konsentrasi dalam pembinaan terhadap pemuda di kalangan masyarakat Desa, Pemuda dalam hal bagian dari pengembangan dunia olah raga, maka akan dilakukan pembinaan di bidang olah raga serta pengadaan sarana dan prasarana olah raga desa.

“ Taklupa kami juga membantu pemuda yang berprestasi di bidang olah raga, juga akan dilakukan pembinaan dan penyaluran hoby mereka, PEKNAS kedepan akan membantu memberikan fasilitas dan alat olah raga dengan bekerjasama pada lembaga terkait, pemerintah setempat,”ujar Riko.
Untuk menjalankan visi dan misi PEKNAS tersebut, maka PEKNAS Sumut yang memulai langkahnya denga beraudiensi ke Pemerintah setempat guna menghimpun informasi dan mengenalkan kepada Pemerintah setempat yang juga sebagai mitra kerja PEKNAS kedepannya.

“Hal ini sangat penting dilakukan supaya kegiatan-kegiatan yang nantinya akan direncanakan dan dilaksanakan tepat sasaran, langsung menyentuh kepada masyarakat yang membutuhkan,”pungkas Riko.

Pemerintah setempat, Lurah PB Selayang II , Zuhri Abrar Nasution, S.STP menyambut positif kehadiran lembaga PEKNAS Sumatera Utara, sebagai Lembaga yang peduli terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat misikin, beliau mengajak semua insan untuk bersama-sama mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat kecil.

“Kami sangat menanti kehadiran lembaga seperti ini yang berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat misikin, maka saya mengajak semua insan untuk bersama-sama mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat kecil,” papar Zuhri.

“Semua masalah pasti ada solusinya, apapun masalah rakyat kecil bias kita atasi, apabila kita semua dapat bergan dengangan tangan, bergotong royong untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil,” disampaikan Hotmanigor, Kabid Antar Lembaga .

“ Sekalilagi Riko menegaskan PEKNAS Sumut akan melakukan kegiatan-kegiatan kedepan dalam memerankan sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan di tengah-tengah pembangunan nasional dengan koordinasi kepada PEKNAS Pusat dan semua lembaga terkait baik swasta maupun pemerintah. Disamping itu PEKNAS Sumut berharap masyarakat secara simultan dalam meningkatkan taraf hidup menuju kemandirian dan kesejahteraan seluruh masyarakat Sumatera Utara,” tutup Riko Silaban.

(mdq)

Facebook Comments