“MUBAH” Bupati Sergai, Forkopimda dan MUI Lanjutkan Imunisasi MR

NusantaraNews.co.id Dengan rekomendasi “Mubah” yang telah dikemukakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat terhadap Vaksin MR , selaku pimpinan daerah saya menggandeng Forkopimda dan stakeholder telah membulatkan tekad melaksanakan keputusan ini secara bersama-sama. Bahwa pelaksanaan Imunisasi MR dapat dilaksanakan dengan sasaran anak usia 9 bulan hingga 16 tahun dan dimulai esok harinya.

Dimikian   dikatakan Bupati Sergai Ir.H.Soekirman saat mengelar pertemuan di RM Bahagian Perbaungan menindaklanjuti terkait polemik yang sedang berkembang berupa vaksin Measles Rubella (MR) Sabtu ( 25/8) dan menggandeng stakeholder terkait seperti unsur Kemenkes, Word Health Organization (WHO), UNICEF untuk menyamakan persepsi dan mengambil keputusan secara bersama dalam melanjutkan program Imunisasi MR Fase 2 yang berlangsung bulan Agustus-September 2018.

Disamping itu juga Bupati Soekirman memohon dukungan moral kepada seluruh yang hadir agar tetap memberikan dukungan terutama bagi para petugas dalam melaksanakan imunisasi MR ini “ Kepada MUI kami harapkan agar terus memantau perkembangan vaksin ini, jika telah ditemukan vaksin yang halal untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Disamping itu juga Bupati mengingatkan  kepada pengelola Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta agar lebih mengedepankan fungsi sosial dalam menjalankan program pemerintah ini” ucapnya.

Sebelumnya Perwakilan dari WHO Dr. Speech Alipon  mengatakan bahwa keberhasilan dalam  melaksanakan vaksin MR  di Pulau Jawa diharapkan dapat juga diikuti di Pulau Sumatera khususnya Sumut, selain itu juga anak-anak di Sumut dapat terlindungi dari MR.”.

Perwakilan dari MUI Sergai H. Khairuddin  menyampaikan bahwa MUI Sergai mengikuti fatwa MUI Pusat yang mengeluarkan fatwa “Mubah” terhadap vaksin ini. namun demi kesehatan seyogyanya kita mendukung pelaksanaan Vaksi MR serta berharap dengan niat yang baik
maka akan mendapat hasil yang baik pula.

Pertemuan itu juga dihadiri Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Wakapolres Kompol Edi Bona Sinaga, Kakan Kemenag Dr. H.M. Syafii, MA, mewakili MUI Sergai H. Khairuddin,  Konsultan UNICEF Masri Aulia, Perwakilan WHO Dr. Speech Alipon, Kadis Kesehatan dr.Bulan Simanungkalit.M.Kes,  para Kepala OPD, Camat, perwakilan dari Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, Organisai Keagamaan (Al-Wasliyah dan Muhammadiyah) Ormas dan Perwakilan Masyarakat.( DR01)

Facebook Comments