Peringatan Hardiknas di Kota Tebing Tinggi Diisi MOU Tertib Berlalu Linta

TEBINGTINGGI-NN
          Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Kamis (2/5/2019) di Lapangan Ramlan Yatim Jalan Gunung Lauser Kota Tebing Tinggi.
          Kegiatan ini turut dihadiri Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, Dandim 0204/DS diwakili, Kepala Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi Muhammad Novel, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, Kaden Brimob B Tebing Tinggi AKBP Arke F Ambat, Kepala BNNK Tebing Tinggi Kompol Bambang Rubianto, Danramil 13 Tebing Tinggi Kapten PM Simanjuntak, para pimpinan OPD, Camat dan Lurah se Kota Tebing Tinggi.
          Mengawali sambutannya, Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan yang membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menyampaikan bahwa bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan pemilu serentak pada 17 april 2019 yang lalu, dan hingga kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir pada tanggal 22 Mei 2019 mendatang.
          Jika dilihat dari sudut pandang pendidikan, bahwa kita pada saat pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2019 ini telah mengalami dan terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara, dimana proses belajar tersebut pada hakikatnya adalah disaat momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan dalam berdemokrasi.
          “Selanjutnya mengenai empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo-Yusuf Kalla lebih di fokuskan pada pembangunan infrastruktur atau prasarana yaitu transportasi darat, laut maupun udara, mulai jalan tol hingga jalan pedesaan, pelabuhan, lapangan terbang dan lain sebagainya,” terang Wali Kota.
         Ditambahkan Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan jika dalam berbagai kesempatan, perhatian Presiden dan pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke arah pembangunan sumber daya manusia, yang juga terkait dengan tema pada peringatan hari pendidikan nasional tahun 2019 ini yaitu “menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”.
          “Dengan menekankan kedua penguatan ini, pertama karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil serta cakap dalam memasuki dunia kerja, didalam memajukan dunia pendidikan dan kebudayaan khususnya di indonesia kita juga masih mengalami berbagai permasalahan, dimana kita dihadapkan pada masalah kompleksitas guru dan tenaga pendidikan,” jelasnya.
          Terakhir menteri pendidikan dan kebudayaan berharap didalam konteks pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan SDM yang berkualitas akan berjalan secara optimal manakala pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.
          Acara ini juga diwarnai dengan berbagai kegiatan diantaranya penandatanganan MoU tertib berlalu lintas di kalangan pelajar oleh Kapolres Tebing Tinggi dengan Wali Kota Tebing Tinggi, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif disatuan PAUD antara Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas PPA KB dan Dinas Sosial Kota Tebing Tinggi.
          Dalam kesempatan tersebut turut dilakukan Deklarasi Sekolah Ramah Anak, penyerahan CSR PT Bank Sumut Kepada Dinas Pendidikan, pemberian piagam penghargaan dan tabungan kepada 10 penggiat pendidikan di Kota Tebing Tinggi serta pemberian hadiah olimpiade sains Nasional tingkat SD/MI dan SMP/Mts Tahun 2019 Kota Tebing Tinggi dan penghargaan terhadap sekolah ramah anak. Acara selanjutnya ditutup dengan tarian simalungun dan batak toba. (Ron)
Facebook Comments