Setahun PKS Mini Beroperasi Tanpa Izin di Sergai

73

NN-SERGAI Hampir setahun lebih Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mini beroperasi tanpa mengantongi izin resmi dari pemerintah Pemkab Sergai, ironisnya PKS mini berada di Dusun XIV, Desa Sei Bamban, Kec Sei Bamban, Sergai belum mendapat tindakan tegas pihak terkait pada hal lokasi PKS mini berada di zona RT RW larangan industri.

Tidak memiliki izin itu langsung di benarkan Kadis Perizinan Terpadu Kab Sergai Akmal Koto, Senin (12/2) Akmal mengatakan tidak perlu membuka catatan izin soal PKS mini tersebut ia langsung menegaskan PKS mini di Sei Bamban itu tidak memiliki izin.
“Itukan lokasi zona larangan industri sesuai RT RW kab Sergai siapa pula yang berani mengeluarkan izin itu saya pastikan PKS mini itu tidak mengantongi izin, untuk tindakan bukan la wewenang saya” papar Akmal.
Sementara itu Sasmito selaku humas PKS mini mengatakan tidak mengetahui persis soal izin PKS mini berkapasitas 5 ton ini, namun pemilik PKS mini adalah orang Medan “Saya tidak paham soal izin ini yang jelas PKS ini sudah setahun lebih beroperasi dan sudah dua kali ganti pengusaha” ucap Sasmito.
Warga setempat mengaku serba salah dengan keberadaan PKS mini tersebut, warga mengeluh dengan bau busuk limbah yang berada di areal persawahan, namun sebaliknya warga di untungkan pemuda setempat bisa bekerja di pabrik tersebut.
“Kalau limbahnya pasti terganggu cuma pabrik ini pekerjanya warga setempat jika di tutup pekerjanya mau kemana” ucap warga setempat yang enggan menyebutkan namanya.
Pantauan NN lokasi pabrik seluas hektaran ini di pagar namun limbah berada di dalam areal pabrik yang di kelilingi persawahan.(DR01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here