Tingkatkan Program Kapasitas Pemerintahan, Sergai Bersama APKASI IkutiExecutive Course and IHS di Belanda

NusantaraNews.co.id   Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang tercatat sebagai anggota Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) turut berpartisipasi dalam setiap event yang digelar. Dalam kepengurusan APKASI, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang merupakan Ketua Koordinator untuk Wilayah Sumut memberikan mandat kepada Kepala Bappeda Ir. Hj. Prihatina, M.Si untuk mengikuti Executive Course on Urban Management and Local Economic Development, Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) di Belanda, Kamis (30/8).

            Kegiatan tersebut difasilitasi oleh APKASI dengan tujuan peningkatan program kapasitas aparatur dan kelembagaan pemerintahan daerah dalam hal menyerap best practise mengenai pengelolaan pemerintah, pelayanan umum, pengembangan perekonomian daerah dan pembentukan forum bisnis di daerah.

            Demikian keterangan dari Kepala Bappeda Sergai Ir. Hj. Prihatina, M.Si yang disampaikan kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) H. Ikhsan, AP melalui WhatsApp disela-sela pelaksanaan pendidikan PIM II di Bandung, Kamis (6/9).

            Lebih lanjut disampaikan Ikhsan, AP bahwa terdapat beberapa Kepala Daerah dan Kepala Bappeda yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya Bupati Sergai yang diwakili oleh Kepala Bappeda Ir. Hj. Prihatina, M.Si, Bupati OKU Selatan, Bupati Bogor, Bupati Musi Rawas, Kepala Bappeda Jember, Nias dan lainnya dengan total group sebanyak 42 orang.

            Studi tiru Internasional tersebut berlangsung dari tanggal 30 Agustus hingga 5 September 2018 dilakukan di 4 (empat) negara yaitu Belanda, Belgia, Jerman dan Prancis. Sedangkan agenda yang merupakan program APKASI bagi para Bupati terbagi atas 8 (delapan) kegiatan yaitu pertama kunjungan Dubes RI Belanda di Amsterdam, kedua kunjungan Dubes RI di Belgia, ketiga materi perkuliahan di kelas dari para pengajar di Universitas Eramus Huis, keempat kunjungan ke organisasi Vereniging van Nederlandse Gemeenten (VNG).

Selanjutnya yang kelima kunjungan dan berdiskusi dengan organisasi Rikolto yang merupakan organisasi pemasaran hasil pertanian, keenam kunjungan ketempat pengolahan sampah di Koln, ketujuh kunjungan ke kota pelabuhan Kop Van Zuid yang di design baru karena hancur di bom Jerman dan kedelapan kunjungan untuk melihat pembangunan kota baru di Marne La Valle, jelas Ikhsan.( DR01)

Facebook Comments