354 Atlit Ikuti Kejuaraan Renang Piala Gubsu 2023

JUARA : Ketua Umum Akuatik Indonesia Sumatera Utara, Kabir Bedi, foto bersama para juara Kejuaraan Renang Antar Kelompok Umur/Sekolah piala Gubernur Sumatera Utara. (Foto: Humas Akuatik Indonesia Sumatera Utara)
JUARA : Ketua Umum Akuatik Indonesia Sumatera Utara, Kabir Bedi, foto bersama para juara Kejuaraan Renang Antar Kelompok Umur/Sekolah piala Gubernur Sumatera Utara. (Foto: Humas Akuatik Indonesia Sumatera Utara)

MEDAN ~Nusantaranews– Sepuluh hari setelah pelantikan, Akuatik Indonesia Sumatera Utara mengadakan Kejuaraan Renang Antar Kelompok Umur/Sekolah piala Gubernur Sumatera Utara. Bertempat di kolam renang Universitas Negeri Medan, pertandingan perdana ini digelar pada hari Sabtu 19/08/23.

Sejumlah 354 atlit dari berbagai perkumpulan renang dan sekolah kota/kabupaten se-Sumatera Utara turut berlaga. Kejuaraan ini digelar untuk mencari bibit potensial menghadapi PON XXI yang akan digelar tahun depan di Sumut dan Aceh.

Kabir Bedi, Ketua Umum Akuatik Indonesia Sumatera Utara berharap dari hasil pertandingan ini akan ditemukan atlit renang untuk lapis kedua dan ketiga yang akan memperkuat tim renang Sumut. “Saat ini atlit utama sedang mengikuti Pelatda. Nantinya Akuatik Sumut akan lebih sering lagi mengadakan even serupa mengikuti ‘roadmap’ Akuatik Indonesia hingga 9 tahun kedepan. Kita juga menghadirkan Michael Piper untuk memompa prestasi atlit,” ujar Kabir. Mike adalah ‘Head swim Coach’ timnas renang Indonesia asal Australia.

Mike, sapaan akrabnya, terlihat berada di lokasi pertandingan dari pagi hingga petang. Beliau mengulas hasil pengamatannya terhadap atlit renang Sumatera Utara. “I can see the talents. There are swimmers here have ability to be competitive at the higher level (banyak talent disini yang punya kemampuan untuk berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi),” ujar Mike.

Prosesnya sama, baik disini (Sumut), Jakarta, Brisbane (Australia) atau dimana saja belahan dunia. Perenang ini harus memiliki teknik yang baik, kuat dan berlatih lebih keras, tambah Mike.

Dalam pengalungan medali, Mike juga terlihat bercakap-cakap dengan pemenang. Memberi nasihat untuk berlatih lebih baik lagi. Sekaligus tips membetulkan teknik.

Tampil sebagai juara umum Klub Renang Bina Tirta Medan. Klub binaan mantan perenang Yudi Nopiandi ini memperoleh 10 emas, 5 perak dan 3 perunggu.

Heri Musganti, pelatih Tirtanadi Swimming Club Medan berharap even serupa terus diselenggarakan. “Atlit kita haus bertanding. Kami sangat senang hari ini anak-anak punya tempat tampil mengukir prestasi kembali,” ujar Heri didampingi atlit binaannya.

Sementara David Susilo Budi, coach Gading Swimming Club mengapresiasi ketepatan waktu acara. “Gak bertele-tele. CoC bekerja efektif. Sumber suara bagus hingga atlit berkumpul tepat waktu. Ditambah lagi juri timer yang berlapis. Paten lah,” tutup David yang atlitnya memboyong lima medali.(Rilis)

Facebook Comments