Api Hanguskan Lantai Tiga Toko Bahan Bangunan di Tebing Tinggi

Api Hanguskan Lantai Tiga Toko Bahan Bangunan di Tebing Tinggi

TEBINGTINGGI-NN
Diduga akibat adanya percikan api dari genset, Toko bahan bangunan ‘Lestari’ yang berada di Jalan HR Shihab, Kelurahan Badak Bejuang, Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi, Rabu (11/12/2019) sore terbakar.

Dari informasi yang berhasil dihimpun dilokasi kejadian, Ayen (45) pemilik toko mengatakan jika kebakaran berawal dari terjadinya pemadaman listrik sekitar pukul 13.30 WIB. Karena listrik padam, Ayen kemudian memerintahkan karyawannya untuk menyalakan genset yang berada di lantai tiga ruko miliknya itu. Namun naas, ketika genset tersebut dinyalakan, tiba-tiba muncul percikan api yang langsung menyambar ratusan kaleng cat dan tiner yang berada didekat genset tersebut.

“Sewaktu karyawan saya menyalakan genset, tiba-tiba dari dalam genset keluar percikan api yang menyambar ratusan kaleng cat dan tiner hingga menyebabkan terjadinya kebakaran serta api cepat membesar. Melihat api yang kian membesar, saya kemudian menghubungi pihak pemadam kebakaran”, terang Ayen.

Sekitar 30 menit usai dihubungi korban, 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik pemko Tebing Tinggi turun kelokasi kebakaran mencoba memadamkan api. Namun api akhirnya dapat dipadamkan 2 jam kemudian setelah warga dan 2 unit damkar milik Pemko Tebing Tinggi lainnya beserta 1 unit damkar milik Pemkab Serdang Bedagai tiba dilokasi kebakaran dan berupaya memadamkan api agar tidak sampai menjalar ke ruko milik warga yang lain.

Akibat kejadian ini, korban diduga mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Bahkan api telah menghanguskan lantai tiga bangunan toko bahan bangunan milik korban yang juga berisi bahan bahan bangunan lainnya. Kebakaran ini juga sempat membuat kemacetan arus lalu lintas karena banyaknya warga sekitar yang berhamburan keluar rumah untuk melihat kejadian tersebut, ditambah para penguna jalan khususnya pengendara sepeda motor yang sengaja berhenti untuk melihat kejadian ini.

Kapolsek Rambutan Polres Tebing Tinggi Iptu Suhartono yang ditemui wartawan dilokasi kejadian mengatakan dari hasil penyelidikan sementara api diduga berasal dari percikan api genset yang tengah menyala. Dan penyebab pastinya masih dalam penyelidikan. “Kerugian ditaksir hingga puluhan juta rupiah, dan kita masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran ini”, jelasnya. (Ron)

 

Facebook Comments