Banjir Kiriman Genangi Ribuan Rumah di Kota Tebing Tinggi

TEBINGTINGGI-NN

Ribuan rumah warga yang berada di lima kecamatan di Kota Tebing Tinggi kembali terendam banjir. Genangan air bahkan hampir menutupi seluruh ruas jalan dan sejumlah sekolah serta pusat perbelanjaan dan pasar tradisional yang ada di wilayah Kota Tebing Tinggi hingga membuat aktivitas warga terganggu.

Banjir yang melanda Kota Tebing Tinggi ini diakibatkan tingginya luapan debit air dari hulu Sungai Padang dan Sungai Bahilang, tepatnya yang datang dari arah wilayah Simalungun yang pada Minggu (15/12/2019) sore diguyur hujan deras. Bahkan hari ini, Senin (16/12/2019) hampir seluruh wilayah di Kota Tebing Tinggi khususnya di sekitar pinggiran Sungai Bahilang dan Sungai Padang telah tergenang air, termasuk beberapa jalan-jalan utama di inti Kota Tebing Tinggi.

Kondisi ini membuat aktivitas warga dan perdagangan di Kota Tebing Tinggi nyaris lumpuh, seperti yang terlihat di pasar tradisional Pasar Gambir, dimana sebagian pedagang tampak tidak berjualan akibat genangan air yang cukup tinggi. Bahkan Pasar Kain di Jalan MT Haryono yang berada tepat di samping aliran Sungai Bahilang, sama sekali tidak buka sebab ketinggian air menuju lokasi ini hampir mencapai 1 meter. Jalan lainnya di inti kota sebagai pusat perdagangan yang digenangi air yakni, Jalan Suprapto, Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman.

Selain itu, kondisi banjir yang terjadi diakhir tahun 2019 ini membuat sejumlah sekolah di Kota Tebing Tinggi terpaksa memulangkan para anak didiknya akibat sekolah dan ruang kelas terkena banjir. Kondisi banjir ini juga membuat sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua tidak dapat melintasi beberapa kawasan karena kedalaman air mencapai 30-50 cm.

Hingga saat ini, kondisi air belum surut meski cuaca di Kota Tebing Tinggi cerah. Dan sebagian warga kini telah mengungsi ke rumah kerabat dan para tetangga yang kediamannya tidak terkena banjir. Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui BPBD, Tagana, Satpol PP dan beberapa OPD yang dipimpin langsung oleh Plt Sekdako M Dimiyathi terlihat langsung meninjau lokasi banjir dan menyampaikan akan melakukan langkah-langkah untuk membantu warga yang terkena dampak banjir kiriman tersebut. (Ron)

 

Facebook Comments