Hasil Test Swab 1 PDP Meninggal di Sergai Positif Corona

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kab Sergai H. Akmal Koto
SERGAI~Nusantaranews~Hasil Test Sweb terhadap seorang warga Dolok Masihul yang meninggal Rabu (06/05/2020) dinyatakan positif Corona Virus Disease (Covid-19). Sebelumnya sempat menjalani  perawatan di Rumah Sakit Umum Haji Adam Malik (RSUHAM)  di Medan.
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kab. Sergai, H Akmal  melalui WhatApp Sabtu (9/5) malam membenarkan satu orang warga Sergai yang berstatus PDP dan telah meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSU H Adam Malik Medan positif COVID-19.
” Iya positif COVID-19,  Sabtu (9/5)sore hasil swap nya baru diterima, rencana hari Senin (11/5) Gugus Tugas Covid-19, akan  press confrence”, terang H Akmal.
Sebelumny, Jumat (8/5) di Posko Gugus Tugas, di rumah Dinas Bupati Jl.Negara Desa Firdaus Kec.Sei Rampah Jubir Gugus Tugas kepada mengatakan  seorang PDP berjenis kelamin pria warga Kec. Dolok Masihul Kab.Sergai meninggal dunia pada Rabu (6/5) malam saat menjalani perawatan di RSU H Adam Malik Medan, malam itu juga jenazah dimakamkan sesuai protokol pemakaman COVID-19 di Kompleks Pemakaman Simalingkar Medan.
Ditambahkan Jubir Gugus Tugas yang juha Kadis Kominfo Sergai,  PDP tersebut berobat langsung ke RS H Adam Malik dan dirawat sejak 24 April 2020 dengan diagnosa TB Paru akut, sehingga ditetapkan sebagai PDP, sebelumnya, pasien telah menjalani tes swab namun hasilnya belum keluar.
Dari informasi yang diperoleh dari pihak keluarga yang bersangkutan baru tiba dari Jakarta dan pulang ke kampung untuk berobat karena ada riwayat sakit sebelumnya.
Untuk selanjutnya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP)  yang masih menjalani masa pantau selama 14 hari per hari ini sebanyak 20 orang. Sedangkan yang sudah selesai menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan selesai pantau sebanyak 754 orang. Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 2 orang.
 
Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  saat ini ada 6 orang. 2 PDP merupakan pasien yang berobat langsung ke faskes di Medan, 1 PDP di RS Murni Teguh dan 1 orang PDP saat ini dirawat di RS Martha Friska. Sedangkan laporan terkini, ada 4 PDP dirawat di  RS Trianda Perbaungan dan RS Sultan Sulaiman Sei Rampah.
Jumlah PDP yang sudah selesai pengawasan sebanyak 22 orang. Beberapa  diantaranya adalah PDP yang selesai pengawasan dari RS GL Tobing, RS Sultan Sulaiman, 1 PDP selesai pengawasan dari RSUP H. Adam Malik, 1 PDP dari RS Marta Friska. Laporan terakhir untuk PDP yang telah  kembali ke rumah yakni PDP dari RS Murni Teguh  dan RS Sultan Sulaiman serta yang beberapa hari lalu selesai pengawasan adalah PDP dari RSUP H. Adam Malik.
 
Jumlah ODP meninggal ada 2 orang, laporan terakhir ODP meninggal adalah warga Kecamatan Bintang Bayu meninggal beberapa waktu lalu di RS Mitra Sejati Medan. 
 
Jumlah PDP meninggal warga Serdang Bedagai sampai saat ini ada 4 orang. Sebelumnya dilaporkan ada 5 orang, namun setelah hasil swap PDP terakhir meninggal dunia di RSUP H. Adam Malik dinyatakan positif maka Pasien meninggal berstatus PDP sebanyak 4 orang. 
 
 Jumlah warga meninggal positif Covid 19 sebanyak 1 orang warga Kecamatan Dolok Masihul. Saat ini sedang dilakukan tracing atas seluruh keluarga dan orang-orang yang kontak dengan warga bersangkutan untuk dilakukan Rapid Test dan Isolasi sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran supaya tidak semakin meluas. 
 
Masyarakat diminta tidak panik dan  tetap di rumah, bagi yang tidak punya kepentingan bekerja serta tidak mudik. Dan bagi yang keluar rumah agar menjalankan protokol keluar masuk rumah dengan disiplin, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, diantaranya dengan cara mencuci tangan pakai sabun di air mengalir sesering mungkin. Berolahragalah rutin dan teratur. Pakailah masker saat keluar rumah, jaga jarak fisik 1-2 meter dengan orang lain dan tidak berkerumun. (Maone)
 
 
 
 
Facebook Comments