Indahnya Air Terjun Situmurun,  Pesonanya Dinikmati Dari Atas Kapal

TOBA~Nusantaranews~Air Terjun Situmurun berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air Terjun Situmurung terhempas langsung ke Danau Toba. Pesonanya dapat dinikmati dari atas kapal maupun berenang di sekitaran aliran.
Air Terjun Situmurun Setinggi 70 Meter
Air Terjun Situmurun tingginya mencapai 70 meter dengan beberapa tingkatan hingga air yang  tercurah ke Danau Toba di iringi suara deburan memperlihatkan istimewanya  Air Terjun Situmurun. Tidak heran pesonanya membuat wisatawan rela menempuh perjalanan jauh.
Tempat wisata ini berlokasi di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba. Jika berkunjung ke sini wisatawan dapat menyaksikan lanskap indahnya Danau Toba.
Indahnya Perbukitan Hijau Danau Toba
Lokasi menuju Air Terjun Situmurun ini tergolong lumayan jauh dari perkotaan jadi lokasi ini sungguh sangat asri. Jika berangkat dari Medan langsung menuju Kota Parapat. Kurang lebih 4 jam perjalanan dari Medan namun sekitar 2 jam saja dari Bandara Internasional Silangit.
Untuk  menuju Air Terjun Situmurun ini bisa melalui Pantai Atsari Hotel di Pelabuhan Tigaraja dan pelabuhan Ajibata untuk menyewa kapal. Namun lebih baik jika sudah membooking kapal dari jauh-jauh hari agar lebih efektif dan lama perjalanan sekitar 30 menit menggunakan speed boat.
Akses Menuju Air Terjun Situmurun
Untuk menuju ke Air Terjun Situmurun hanyalah melalui jalur transportasi air. Biasanya dengan menyewa kapal yang harganya mulai dari Rp. 1 juta sampai dengan 2.5 juta tergantung dengan kapasitas dan besar kecilnya kapal tersebut, tapi jangan khawatir akan keselamatan penumpang karena setiap penumpang selalu disediakan pelampung.
Sekitar 30 menit perjalanan, pasti  di suguhkan indahnya perbukitan Danau Toba yang berbagai bentuk, serta segarnya udara yang di hirup, beberapa lokasi indah terlewati dalam perjalanan itu, ada lokasi untuk memancing juga lokasi untuk kemping
Kopi Boru Sirait Tempias Air Terjun 
Setiba dilokasi Air Terjun Situmurun kami langsung mengabadikannya secara bergantian dengan kamera smartphone dan sungguh mempesona. Hasil Poto kami memang agak beda karena kami tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan masker. Selanjutnya speed boat kami merapat ke dermaga kecil. Di sini kami bertemu D Boru Sirait (27) ia warga Desa Hutana Mora, Kecamatan Lumban Julu, Toba yang mengais rejeki dengan berjualan di lokasi Air Terjun Situmurun. Kami pun menikmati kopi panas sambil menikmati indahnya Air Terjun Situmurun sekali-sekali kami kena tempias air terjun.
D Boru Sirait  ini harus menggunakan sampan dayung dari rumahnya untuk berjualan dengan waktu 20 menit untuk sampai di lokasi tersebut. Dalam perbincangan ia sungguh ramah dengan kami, kami sempat tertawa bersama ketika  kami bertanya soal statusnya yang ternyata belum menikah.
Air di lokasi itu sangat segar wisatawan dengan menggunakan pelampung terlihat berenang di areal air terjun tersebut.  Namun sangat disarankan oleh D Boru Sirait  agar tidak terlalu dekat dengan area jatuhnya air terjun karena biasanya di tempat tersebut putaran air sangat kuat. (Maone)
Facebook Comments