Institut Kesehatan Helvetia Edukasi Upaya Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Hamil

EDUKASI: Dosen Insitut Kesehatan Helvetia memberikan edukasi pada ibu hamil.(Foto: Istimewa)
EDUKASI: Dosen Insitut Kesehatan Helvetia memberikan edukasi pada ibu hamil.(Foto: Istimewa)

MEDAN ~Nusantaranews–  Dosen dan mahasiswa Insitut Kesehatan Helvetia menggelar pengabdian kepada masyarakat di Klinik Pratama Sunartik, Jalan Sei Mencirim, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang Sumatera Utara, pada Sabtu (28/08/2021). Mereka memberikan edukasi kesehatan upaya peningkatan pemberian ASI Eksklusif pada Ibu hamil.

Tim diketuai Dosen Prodi D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan, Dewi Sartika.,SST.,M.K.M. Dengan anggota, Dosen Prodi  D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan Sri Juliani.,SKM.,M.Kes dan Nurrahmaton.,SST.,M.Kes. Bersama anggota mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Nuraida Putri Saadah Panjaitan dan Risfa Safrida R.

Pengabdian masyarakat ini, menurut Dewi Sartika dilakukan sebagai upaya peningkatan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif pada ibu hamil di klinik Pratama Sunartik.

Dewi Sartika menjelaskan, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan atau edukasi kesehatan kepada ibu hamil. Memberikan konseling, informasi dan edukasi  kepada ibu hamil di Klinik Pratama Sunartik agar mau memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Pemberian ASI eksklusif diberikan dari mulai bayi lahir. Setelah dilakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) sampai usia bayi 6 bulan. Tanpa diberikan makanan tambahan apapun kecuali ASI.

Target pengabdian kepada masyarakat ini, ujar Dewi Sartika, agar ibu hamil mengerti pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk bayi usia 0-6 Bulan. “Setelah penyuluhan ini ibu hamil akan merubah prilaku yang selama ini diterapkan. Dengan penyuluhan ini bisa membantu menambah pengetahuan ibu hamil dalam memberikan ASI Eksklusif pada bayi,” tambah Dewi Sartika.(AS)

Facebook Comments