Institut Kesehatan Helvetia Gelar Pengabdian Masyarakat, Pantau Pertumbuhan Balita di Tanjung Gusta

PENGABDIAN: Dosen Prodi Profesi Bidan Insitut Kesehatan Helvetia menjawab pertanyaan para orangtua yang menjadi peserta pengabdian kepada masyarakat dengan Pemantauan Pertumbuhan Balita usia 2-4 tahun di Klinik Mariana, Tanjung Gusta, Medan.(Foto: Istimewa)

MEDAN ~Nusantaranews–  Dosen dan mahasiswa Prodi Profesi Bidan Insitut Kesehatan Helvetia menggelar pengabdian kepada masyarakat dengan Pemantauan Pertumbuhan Balita usia 2-4 tahun di Klinik Mariana, Tanjung Gusta, Medan, Jum’at (10/6/2022).

Tim diketuai Dosen Prodi  Profesi Bidan Institut Kesehatan Helvetia Medan Sri Rintani Sikumbang.,SST.,M.Kes. Dengan anggota Dosen Prodi  D3 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan Siti Aisyah, SST., M.K.M dan Mahasiswa Prodi Profesi Bidan Riri Mutiari. Dibantu oleh pimpinan Klinik Pratama Mariana: Lister Pasaribu, S.Tr.Keb.

Dosen Prodi  Profesi Bidan Institut Kesehatan Helvetia Medan Sri Rintani Sikumbang menjelaskan, pengabdian masyarakat ini, bertujuan memberikan pengetahuan kepada para orang tua di Klinik Pratama Mariana, Tanjung Gusta, Medan. Sehingga dapat memantau dan mendeteksi dini jika terjadi keterlambatan dalam pertumbuhan balita.

Menurut Sri Rintani Sikumbang, para orang tua memahami dan dapat melakukan pemantauan pertumbuhan ketika balita berusia 2-4 tahun. Sehingga orang tua tanggap terhadap pertumbuhan yang tidak sesuai dengan usia putra putrinya. Setelah mengikuti edukasi ini para orang tua akan berusaha memenuhi gizi pada saat ibu mulai hamil, menyusui dan memperhatikan asupan gizi pada bayi sehingga mampu mempersiapkan kelahiran anak yang cerdas dan sehat sesuai tumbuh kembangnya.

Peserta yang hadir sangat semangat dan antusias dalam kegiatan ini. Salah seorang peserta Puspa Sari menyatakan, melalui kegiatan ini pengetahuannya menjadi meningkat dan paham tentang  pentingnya pemantauan pertumbuhan balita melalui KMS dan bahaya keterlambatan pertumbuhan pada balita.(AS)

Facebook Comments