Kejar Target Lebaran Ratusan Kapal Trawl Mengganas di Perairan Sergai

Terlihat Kapal trawl menjamur di perairan Sergai sekitar 1 mil dari bibir pantai Merdeka, Bagan Kuala. 
SERGAI-NN
Kondisi perairan Serdang Bedagai (Sergai) semakin gawat dengan kehadiran kapal trawl. Usai pemilu Pilpres dan Pileg dan menjelang lebaran jumlahnya semakin bertambahI kian mengganas. Ironisnya kapal trawl beroperasi sekitar 1 mil dari bibir pantai Merdeka, Desa Bagan Kuala, Kec Tanjung Beringin, Sergai itu tidak tersentuh oleh Sat Pol Air Polres Sergai.
Nusantaranews.co.id  yang mendapat informasi dari nelayan tradisional Desa Bagan Kuala Senin (21/5) sekira pukul 06:00 WIB menjamurnya kapal trawl langsung ke lokasi terlihat kapal trawl melakukan penangkapan diperairan Desa Bagan Kuala. ” Lihatla itu tidak ada liburnya kapal trawl ini malah menangkap di bibir pantai ini fenomena ini memang terlihat disaat mau lebaran mereka kejar target” ucap Safrial (45) nelayan tradisional Dusun III, Desa Bagan Kuala, Kec Tanjung Beringin, Sergai.
Dikatakan  Safrial jumlah kapal trawl semakin banyak menjelang lebaran ini jumlahnya mencapai ratusan. Bahkan jika pasang mati kapal trawl itu kian ganas dan sangat serakah menggasak ikan di perairan Sergai bahkan jaraknya hanya 1 mil saja dari bibir pantai. Tidak hanya kapal trawl kapal P’I berukuran besar juga banyak terlihat namun kapal P’I itu melakukan penangkapan ikan di perairan pulau berhala.
p
Kapal P’I berukuran besar yang melintas di perairan Sergai. Meski dilarang namun tetap beroperasi 
Bahkan dikatakan Zainal Abidin (40) juga nelayan yang sama beberapa hari lalu nelayan tradisional mengejar kapal trawl yang melakukan penangkapan ikan. Namun saat di kejar tekong kapal memutuskan jaring ikan lalu kabur tak lama kemudian kapal trawl kembali datang dengan jumlah yang cukup banyak hingga nelayan tradisional memilih mundur karena takut terjadi bentrok.
” Sempat emosi juga nelayan tradisional ini lalu mengejar namun tekongnya memutuskan jaring lalu kabur tapi datang lagi dengan jumlah yang banyak  dan mengambil kembali jaringnya” papar Zain Abidin.
Zainal Abidin juga Safrial berharap ada tindakan oleh Sat Pol Air Polres Sergai yang terkesan memberikan peluang kepada kapal trawl untuk mesuk keperairan Sergai ” Kami juga bingung kenapa tidak ada tindakan mungkin ada setoran ke oknum tertentu kalau begini terus lebih baik kami yang mengganti alat tangkap kami menjadi alat tangkap trawl dan bisa bersaing dengan mereka” ucap keduanya.
Terpisah Kasat Pol Air Polres Sergai IPTU. Candra Situmorang dikonfirmasi Nusantaranews.co.id  melalui selulernya mengatakan pihaknya belum mendapat perintah untuk mengambil tindakan. Sejauh ini ia mengaku telah memberikan peringatan kepada kapal trawl untuk menjauh dan tidak melakukan penangkapan di perairan Sergai.
” Untuk tindakan belum ada perintah ke kita namun sejauh ini kita melakukan tindakan persuasif dengan menghimbau untuk tidak melakukan penangkapan di wilayah perairan Sergai” ucap Kasat.(Dr01)
Facebook Comments