KPU Se-Sumut Gelar Simulasi Putungsura di TPS

SIMULASI: Warga mengikuti simulasi sekaligus sosialisasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024. (Foto: KPU Sumut)
SIMULASI: Warga mengikuti simulasi sekaligus sosialisasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024. (Foto: KPU Sumut)

MEDAN~Nusantaranews– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara telah melakukan Bimbingan Teknis kepada seluruh jajaran Badan Adhoc di tingkat Kecamatan Se-Sumut.

Hal itu Itu disampaikan Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut, Robby Effendi menjawab wartawan saat ditanya soal kesiapan badan adhoc untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

Robby merincikan Bimtek itu diberikan kepada 2275 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dibagi ke dalam lima gelombang. Dilakukan di kabupaten Karo, Batubara, Toba, Nias Selatan/Gunung Sitoli dan Samosir.

Dalam bimtek itu kata Robby diberikan materi terkait tugas dan fungsi badan adhoc, aplikasi sirekap dan materi pemungutan penghitungan surat suara. “Seluruh komisioner KPU Sumut bersama para Kabag dan kasubag kita libatkan, bahkan anggota KPU kabupaten/kota beserta kasubag juga kita ikutkan,” sebut Robby.

Kegiatan Bimtek ini merupakan arahan dari KPU RI. Sebagai bentuk komitmen KPU menyiapkan perangkat penyelenggara pemilu yang andal serta mengetahui  regulasi serta paham tugas dan fungsinya. “Dari mitigasi awal kita temukan, kendala akan muncul jika kesiapan aparat kita di TPS lemah, oleh karena itu kita fokus ke kesiapan SDM di tingkat sana,” ucap Robby.

Selain itu, Robby juga menginformasikan, seluruh KPU kabupaten/kota juga telah melakukan kegiatan serupa, yakni bimtek kepada badan adhoc di tingkat kelurahan. “Bahkan sebagian besar juga sudah menggelar simulasi riil putungsura di TPS di seluruh KPU se- Sumut,” sebut Robby.

Sejauh ini Robby yakin pelaksanan pemilu 2024 akan berlangsung aman dan lancar. “Melihat kesungguhan dan keseriusan semua teman-teman penyelenggara, termasuk pihak kesekretariatan, saya yakin pemilu 2024 di Sumut akan berjalan baik dan lancar,” sebutnya. (Agus)

Facebook Comments