Lantik dan Kukuhkan JPT Bupati Sergai: “Berikan Dedikasi dan Loyalitas Tinggi dalam Bekerja”

SERGAI~Nusantaranews~    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengukuhkan 4 orang dan melantik 11 orang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama serta 2 orang Pejabat Administrasi di lingkungan Pemkab Sergai, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (12/11).
            Membuka sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya mengucapkan selamat kepada para JPT Pratama dan Pejabat Administrasi yang dikukuhkan dan dilantik. Ia menegaskan agar seluruhnya dapat segera bekerja dengan semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di lingkungan instansi masing-masing.
            “ Berikan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam bekerja, demi memberikan pelayanan yang berkualitas,” pesannya.
            Bupati menjelaskan, JPT Pratama yang dilantik pada hari ini merupakan hasil dari evaluasi yang telah dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Uji Kompetensi Kabupaten Sergai yang telah mendapat klarifikasi langsung dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui Asisten Komisioner Pengawasan Bidang Pengisian JPT Wilayah 2, serta memperoleh rekomendasi dari KASN nomor B-3983/KASN/11/2021 Perihal Rekomendasi Hasil Klarifikasi Atas Hasil Uji Kompetensi dan Evaluasi Kinerja PPT Pertama dan Nomor B3982/KASN/11/2021 Perihal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi PPT Pratama dalam Rangka Mutasi/Rotasi di Lingkungan Pemkab Sergai.
            “ Sebagai pejabat yang baru dilantik, saya minta kepada saudara untuk segera membaca dan kemudian meresapi serta mengimplementasikan seluruh rencana pembangunan daerah yang tertuang dalam RJPMD Kabupaten Sergai 2021-2026. Saudara saya minta untuk merumuskan arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMD ke dalam rencana strategis masing-masing OPD yang saudara pimpin,” mintanya.
            Bupati melanjutkan, para pejabat yang dilantik harus memahami seluruh target yang telah ditetapkan dalam RPJMD bukan hanya menjadi tanggung jawab Bupati dan Wakil Bupati Sergai untuk mewujudkannya, tapi menjadi tanggung jawab bersama sebagai tim yang solid.
            “Kami selaku Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tidak dapat berjalan sendiri dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Sergai. Sebagai tim yang solid, dibutuhkan sinergitas seluruh pihak, dimulai dari Staf Ahli, Asisten, Inspektur serta Kepala Perangkat Daerah beserta jajarannya sehingga roda pemerintah dapat berjalan di jalur yang benar serta seluruh target yang ditetapkan dapat kita capai,” jelasnya.
            Kepada masing-masing pejabat yang dilantik, Bupati menitipkan pesan khusus. Kepada Staf Ahli, Bupati meminta agar aktif memberikan masukan, saran yang inovatif secara berkesinambungan terhadap seluruh proses pembangunan.
            Sedangkan untuk para Asisten, Bupati berharap agar dapat melakukan tugas-tugas dan fungsi koordinasi dalam membantu Sekretaris Daerah dalam mewujudkan birokrasi yang profesional. Bupati juga meminta para Asisten aktif dalam melaksanakan pendampingan serta evaluasi terhadap perangkat daerah yang menjadi bidang koordinasinya serta melaporkan secara berkala segala perkembangan yang terjadi kepada Sekretaris Daerah.
            “ Saat ini ada beberapa agenda penting yang harus menjadi perhatian bagi para asisten yaitu penyusunan R-APBD 2022, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa yang saat ini tahapannya sudah dimulai, dan yang tak kalah penting bencana banjir di beberapa wilayah yang harus mendapat penanggulangan segera,” papar Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.
            Selanjutnya kepada para Kepala OPD, dirinya mengaharapkan agar segera merumuskan dokumen perencanaan masa menengah maupun dokumen perencanaan tahunan serta menetapkan target kinerja secara berjenjang mulai dari level JPT, Administrator, Pengawas, dan Pelaksana. Pencapaian target kinerja yang ditetapkan, sebutnya, akan menjadi alat ukur keberhasilan atau kegagalan dalam memimpin daerah.
            “ Terakhir kepada Pejabat Administrator yang dilantik hari ini, saya minta untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, tunjukkan dedikasi yang tulus serta kinerja yang optimal,” pungaks Bupati.
            Sementara itu usai acara dan dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan secara singkat menyampaikan agar semua pejabat yang dilantik menjalankan tugas dengan dedikasi yang maksimal, profesional, dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi, baik dalam mengabdikan diri kepada negara maupun melayani masyarakat, demi suksesnya pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.
“Mari bersama-sama kita berikan kemampuan maksimal demi mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.
            Adapun JPT Pratama yang dikukuhkan adalah Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si sebagai Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Sergai, Drs. Suprin, MM, sebagai Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Johan Sinaga, SE, MAP, sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Drs. H. Akmal, AP, M.Si, sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.
            Selanjutnya untuk JPT Pratama yang dilantik adalah Ir. H. Kaharuddin, MM, sebagai Asisten Administrasi Umum, dr. Bulan Simanungkalit, M. Kes, sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rusmiani Purba, SP, M.Si sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, H. Ikhsan, AP, M.Si sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah, Ir. Prihatinah, M.Si, sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Drs. Nasrul Aziz Siregar sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, Henri Suharto, SH, MAP, sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs. Dimas Kurnianto, AP, SH, MM, MSP, sebagai Inspektur Kabupaten Sergai, M. Zuhri Lubis, SE, M.AP, sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset, Drs. Fajar Simbolon, M.Si sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro dan Dingin Saragih, S.IP, MM, sebagai Kepala Badan Kepegawaian.
            Terakhir untuk Jabatan Administrator adalah Achyar, SH, M.SP, sebagai Sekretaris Badan Pendapatan Daerah dan Manutur Parulian Naibaho, S.Sos, M.Si, sebagai Sekretaris KORPRI Badan Kepegawaian Daerah.(SB01)
Facebook Comments