Mitra Kerja Pemerintah, PKK Turut Wujudkan Sergai “Maju Terus”

SERGAI-NUSANTARANEWS-Tahun 2022 boleh dibilang tahun eksistensi bagi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Pasalnya, sebagai organisasi yang merupakan bagian tak terpisahkan dalam pembangunan daerah, TP PKK memiliki potensi dalam mendukung berbagai program pemerintah sekaligus menyosialisasikan hingga ke lingkup paling kecil, yaitu keluarga.

Sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan khususnya dalam peran meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan perempuan, tentu keberadaan PKK benar-benar memberi manfaat bagi masyarakat. Antara lain; meningkatkan SDM, menanggulangi kemiskinan, menekan kasus stunting dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat.

Dalam amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, suatu daerah akan menjadi kuat dan efektif, bila didukung seluruh stakeholder serta mitra kerja pemerintah, diantaranya lembaga kemasyarakatan. Oleh karenanya, lembaga kemasyarakatan dimaksud yang manfaatnya diakui masyarakat adalah PKK.

PKK Sergai Tunjukkan Eksistensi Lewat Prestasi dan Ragam Kegiatan

TP PKK Kabupaten Sergai semakin menunjukkan eksistensinya di berbagai kegiatan maupun prestasi yang telah diraih.

Ditemui disela-sela rutinitasnya di Komplek Kantor Bupati Sergai, Rabu (1/3//2023), Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya selaku Ketua TP PKK Sergai menyebut jika seluruh pengurus dan kader PKK Sergai siap dan sepenuhnya akan mendukung mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

“ Kami siap berkomitmen untuk terus berkontribusi dan berkiprah dalam pembanguanan di Sergai. Kepada para pengurus agar dapat terus menjaga semangat pembangunan dengan kepedulian dan tulus untuk berbagi dan saling membantu,” kata Rosmaida.

Program Sarapan Bergizi “Bubur Anjeli”

Tahun lalu, kata Hj Rosmaida, kami meluncurkan menu sarapan bergizi untuk bayi. Kiprah PKK lewat Kampung KB Desa Pon telah berhasil menjuarai kompetisi menu sarapan bergizi berupa “ Bubur Anjeli “ (Anak Jelas Suka Sekali) melalui Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) tahun 2022. Penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Medan pada 6 Juli 2022

“ Menu sarapan berupa Bubur Anjeli ini dipersiapkan dalam rangka program percepatan penurunan stunting Kabupaten Sergai. Oleh karenanya kami akan terus melakukan sosialisasi terkait informasi stunting melalui berbagai media juga Posyandu. Selain itu juga dilakukan penyerahan makanan bagi balita dan ibu hamil, pemberian albumin dan melakukan pelatihan bagi seluruh kader dalam mengolah makanan menjadi lebih bergizi,” ujarnya.

Upaya Turunkan Stunting

Kabupaten Sergai juga mencanangkan program Gempur Stunting. Oleh karenanya, PKK bersama Pemkab Sergai berkomitmen menurunkan angka stunting. Sebagai duta stunting Kabupaten Sergai bersama Ny Aini Zetara Adlin Tambunan dan Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, Hj Rosmaida kerap turun langsung meninjau masyarakat dan memberikan makanan bergizi bagi balita.

Sembari memastikan balita tersebut sehat, Ia juga menyarankan kepada masyarakat untuk membawa balitanya ke Posyandu terdekat guna mengecek tumbuh kembang anak agar terbebas dari stuntuing.

“ Kami juga menggandeng stakeholder terkait untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat terutama kaum perempuan. Selain itu rutin melakukan sosialisasi pencegahan stunting,” ujarnya.

Dibeberapa kesempatan, Bupati Darma Wijaya menyebut jika stunting di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat berada dia angka 20 persen. Artinya sudah di bawah nasional. Namun, dengan bantuan dari TP PKK dan seluruh pihak hingga lapisan masyarakat, diharapkan angka ini terus melandai.

Dalam hal ini, peran keluarga turut aktif dalam upaya menurunkan stunting yang tengah gencar dilakukan oleh pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sehingga dapat segera membuahkan hasil.

Sinergi PKK dengan Sejumlah Perangkat Daerah

Berkat arahan dan bimbingan Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Tambunan, saat ini PKK telah bersinergi bersama sejumlah perangkat daerah untuk memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Salah satunya bersama Dinas Nakerkop, tahun 2022, TP PKK Sergai menyerahkan bantuan berupa alat produksi bagi pelaku UMKM dan bantuan sarana kelembagaan koperasi untuk penguatan koperasi yang modern berbasis digital, beberapa waktu lalu.

Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai modal dalam usaha agar lebih meningkatkan hasil usahanya  sekaligus berinovasi menjadi modern berbasis digital.

“ Pemkab Sergai terus berupaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi. Melalui bantuan yang diberikan kepada UMKM ini, kita berharap ekonomi Sergai akan bangkit Kembali. Hal ini juga merupakan implementasi Sapta Dambaan (Sapda) Sergai, yaitu mewujudkan ekonomi masyarakat yang berdaya saing,” ujar Ketua TP PKK Sergai.

Melalui kelembagaan dan penguatan koperasi sebagai langkah pemulihan ekonomi, telah menunjukkan hasil yang baik, ditandai dengan secara bertahap perekonomian mengalami pertumbuhan yang positif.

Raih Tiga Penghargaan Terbaik Tingkat Provinsi

Alhamdulillah, berkat kerja keras yang tak kenal lelah, akhirnya berbuah manis. TP PKK Sergai telah berhasil meraih tiga penghargaan dalam lomba tertib administrasi PKK, pola asuh anak remaja (PAAR) dengan cinta kasih, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatinya PKK dan IVA Test Tahun 2022, pada 18 Nopember 2022 lalu di Medan, kata Hj Rosmaida yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Sergai.

Adapun ketiga penghargaan yang berhasil diraih oleh TP PKK Sergai yakni Juara II Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), selanjutnya Harapan I Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK serta Harapan II Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya PKK).

” Penghargaan ini diraih berkat kerja keras seluruh TP PKK dan seluruh desa. Keberhasilan ini sebagai bukti kerja keras serta tetap solid dan terus memperbaiki dari kesalahan. Kami terus berupaya menjadi mitra terbaik dan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna mewujudkan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sergai,” kata Rosmaida.

Ketua TP PKK Sergai juga kerap melakukan pembinaan kepada para kader dalam rangka persiapan Lomba Desa Percontohan PKK Tahun 2023.

“ Terdapat 5 kategori yang diperlombakan, yakni; Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), UP2K, Hatinya PKK dan IVA Test. Selain itu, kami juga kerap turun ke desa-desa untuk melakukan penilaian desa,” ujarnya seraya menambahkan baik dikepengurusan PKK maupun YKI Sergai keduanya sama-sama aktif dalam program pembangunan demi mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus.

Turut Mendukung Sergai Yang Religius

Dalam beberapa kesempatan, TP PKK Sergai juga aktif melakukan kegiatan keagamaan seperti kegiatan pengajian muslimah, pengajian Dambaan, tabligh akbar serta kegiatan keagamaan lainnya.

Tak hanya kegiatan bernuansa Islami, namun di tahun 2022 lalu, jajaran TP PKK Sergai juga kerap mendampingi Bupati dan Wabup melakukan kegiatan Safari Natal di 17 Kecamatan se-Kabupaten Sergai.

“ Tentu kegiatan keagamaan seperti ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi, meningkatkan kebersamaan, kekompakkan masyarakat di Kabupaten Sergai,” tutup Hj. Rosmaida.***

Facebook Comments