Nihil Covid-19 Begini Cara Dinkes Sergai Pantau dan Data Penduduk

Petugas Dinas Kesehatan Kab Sergai melakukan pengecekan dan pendataan kepada masyarakat Sergai
SERGAI~Nusantaranews~ Meskipun sampai saat ini di Kab Sergai masih nihil kasus Covid-19, para tenaga kesehatan bersama pemerintahan desa terus melakukan pemantauan dan pendataan terhadap penduduk yang baru tiba dari luar kota atau luar negeri serta penduduk dengan gejala sakit mengarah pada indikasi Covid-19.
Juru bicara Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19 Kab Sergai Drs. Akmal Koto M.Si  Selasa (05/05/2020) mengatakan sejauh ini Dinas Kesehatan Kab Sergai terus melakukan pemantauan kepada masyarakat Sergai. Masyarakat agar disiplin dan mematuhi semua protokol kesehatan, kita dapat mengawal Kabupaten kita dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Seaktif mungkin melapor kepada petugas kesehatan, jika baru bepergian dari daerah Zona merah Covid-19, ataupun dari luar negeri serta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Papar Akmal.
Gugus tugas lanjut Akmal melaporkan perkembangan  jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP)  yang masih menjalani masa pantau selama 14 hari per hari ini sebanyak 25 orang. Sedangkan yang sudah selesai menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan selesai pantau sebanyak 749 orang.
Saat ini, terdapat 2 Orang Tanpa Gejala (OTG). Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 4 orang. 3 PDP merupakan pasien yang berobat langsung ke faskes di Medan, 1 diantaranya dirawat di RSUP H. Adam Malik, 1 PDP di RS Murni Teguh dan 1 orang PDP berobat ke RS Siloam dan sudah dirujuk ke RS Martha Friska. Sedangkan laporan terkini ada 1 PDP baru di RS Trianda Perbaungan.
Jumlah PDP yang sudah selesai pengawasan sebanyak 22 orang, beberapa  diantaranya adalah PDP yang selesai pengawasan dari RS GL Tobing,  RS Sultan Sulaiman, 1 PDP selesai pengawasan dari RSUP H. Adam Malik, 1 PDP dari RS Marta Friska. Laporan terakhir untuk PDP yang telah  kembali ke rumah yakni PDP dari RS Murni Teguh  dan dari RS Sultan Sulaiman serta yang kemarin selesai pengawasan adalah PDP sembuh dari RSUP H. Adam Malik.
ODP meninggal ada 2 orang, laporan terakhir ODP meninggal adalah warga Kecamatan Bintang Bayu meninggal beberapa waktu lalu di RS Mitra Sejati Medan.
Untuk Laporan PDP yang meninggal dunia beberapa hari lalu  yakni seorang PDP dalam perawatan RS Sultan Sulaiman dengan riwayat sakit diabetes menahun dan sebelumnya telah dilaksanakan rapid test dengan hasil negatif. Beberapa waktu lalu PDP juga meninggal dari RS Murni Teguh dengan riwayat Kanker Serviks dan telah dimakamkan dengan protokol Covid19 di Medan.
Sedangkan 2 PDP meninggal lainnya merupakan laporan beberapa waktu yang lalu, meninggal di RS Sultan Sulaiman dengan hasil rapid test negatif dan 1 PDP lainnya di RS Royal Prima Medan dengan hasil test swap negatif juga. Total PDP meninggal warga Serdang Bedagai sampai saat ini ada 4 orang.
Masyarakat diminta untuk tetap di rumah, bagi yang tidak punya kepentingan bekerja serta tidak mudik. Dan bagi yang keluar rumah agar menjalankan protokol keluar masuk rumah dengan disiplin, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, diantaranya dengan cara mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Berolahragalah rutin dan teratur. Pakailah masker saat keluar rumah, jaga jarak fisik 1-2 meter dengan orang lain dan tidak berkerumun. (Maone)
Facebook Comments