Pemkab Sergai Alokasikan 75 Ekor Hewan Qurban

SERGAI-NN
Pada Idul Adha 1440 H tahun 2019 ini, jumlah hewan qurban yang dialokasikan oleh Pemkab Sergai berjumlah 75 ekor dengan perincian 66 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang disebar di 17 Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Sergai. Demikian dikatakan Wabub Sergai H. Darma Wijaya saat meninjau pemotongan hewan qurban di Tanjung Beringin Minggu (11/8).
Dua Hewan qurban atas nama Bupati Sergai Ir H Soekirman beserta keluarga  dialokasikan di Desa Tapak Meriah Kecamatan Silinda, sementara qurban atas nama Wabup H Darma Wijaya beserta keluarga ditempatkan di Lapas Tebing Tinggi, Kecamatan Sei Rampah serta Kecamatan Dolok Masihul, dan qurban atas nama Sekdakab Drs H Hadi Winarno, MM beserta keluarga dialokasikan di Makodim 0204/DS. Papar Wabub.
Dari data Dinas Ketahanan Pangan melalui petugas peternakan yang melakukan pendataan di masjid-masjid serta lokasi perdagangan hewan qurban diseluruh wilayah Kabupaten Sergai, jumlah hewan qurban dari masyarakat keseluruhan hingga awal Idul Adha mencapai 2.127 ekor dengan perincian sapi 980 ekor dan kambing 1.147 ekor.
Kecamatan Sei Rampah menjadi yang terbanyak menyumbang hewan qurban dengan total 179 ekor sapi dan 100 ekor kambing. Namun data masih dapat bertambah mengingat hari tasyrik Idul Adha adalah menunggu hingga tiga hari kedepan.
Jumlah tersebut diatas kata Wabub lagi sudah termasuk alokasi 2 (dua) ekor sapi dari Pemprovsu sebagai kompensasi atas kontribusi Kabupaten Sergai yang termasuk 3 besar penyumbang hewan qurban di Sumut. Hewan qurban dari Pemprovsu tersebut disalurkan di Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan dan Desa Martebing Kecamatan Dolok Masihul.(Mad)
Facebook Comments