Peringati HAN Tahun 2018 Bupati Sergai “ Tumbuhkan Anak Dengan 3 A

NusantaraNews.co.id Bupati Sergai Ir. H.Soekirman mengajak para orang tua untuk senantiasa memperhatikan hak anak-anak kita . “ Mari kita  asuh anak-anak dengan kasih sayang dan penuh tanggung jawab. Tumbuhkan keunggulan anak-anak dengan  3 A yakni Asah, Asih dan Asuh agar mereka tumbuh menjadi insan yang cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun dan berakhlak mulia. Ucapnya pada peringatan Hari Anak Nasional ( HAN) Kab Sergai Tahun 2018 di  Rahmat Zoo & Park, Desa Bengabing Kecamatan Pegajahan Selasa (25/9)

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa program dan kegiatan terhadap anak yang telah dibuat dan dilaksanakan di Kabupaten Sergai seperti pengurusan akte kelahiran gratis. Saat ini Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perlindungan Anak (P2KBP3A) telah membuat perjanjian kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tentang pemenuhan hak sipil anak wajib belajar 12 tahun, roadshow kesehatan sampai ke desa, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, desa layak anak serta sudah terbentuknya Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TPA) Kabupaten Sergai.

Dalam kesempatan itu Wabub Sergai H. Darma Wijaya menambahkan  bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak belum dapat dilakukan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari informasi yang ada belum ramah anak, masih terbatasnya wadah partisipasi anak dan suara anak belum mewarnai proses pembangunan. Terjadi kekerasan di rumah, di jalan, di sekolah dan tempat-tempat umum lainnya yang dampaknya akan mengganggu tumbuh kembang anak.

Sebelumnya Kadis P2KBP3A Hj Irwani Jamilah, SH, M.Si dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif dalam masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak serta memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga guna mempercepat penanaman nilai-nilai kebangsaan.(DR01)

Facebook Comments