PMD Sosialisasikan Pilkades Serentak di Sergai

SERGAI-NN
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kab Sergai mulai mensosialisasikan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2019 di Aula Sultan Serdang Komplek kantor Bupati Sergai di Sei Rampah Rabu (3/7) yang langsung dibuka Asisten Pemerintahan Umum Drs. Herlan Panggabean.
Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang dibacakan Asisten Pemerintahan Umum Drs. Herlan Panggabean mengatakan Pemilihan kepala desa (Pilkades) sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. Masyarakat memiliki peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa sesuai kebutuhan masyarakat.
Pilkades juga merupakan sarana pemersatu masyarakat, oleh karenanya masyarakat berperan sebagai subjek untuk menentukan figur pemimpin dan bukan sebagai objek yang mudah dipengaruhi.
Pada tahun 2019 ini Kabupaten Sergai akan melaksanakan Pilkades secara serentak di 122 desa pada 16 kecamatan. Dalam rangka pemenuhan prinsip demokrasi, maka pelaksanaan Pilkades dilaksanakan dengan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dengan harapan penyelenggaraan Pilkadess di Sergai dapat berlangsung demokratis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menghasilkan pemimpin pemerintah desa yang berkualitas.
Sebelumnya  Kadis PMD Sergai H. Ikhsan, AP, M.Si mengatakan Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar dalam pelaksanaan Pilkades di 122 desa dari 16 kecamatan yang ada di Sergai, pemerintah desa khususnya P2KD dan BPD serta stakeholder terkait dapat memahami tugas masing-masing dan saling bekerjasama dalam mensukseskan Pilkades yang rencananya akan dilaksanakan secara serentak di bulan Oktober tahun 2019 mendatang.
Sosialisasi Pilkades Kabupaten Sergai akan diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 3 sampai dengan 4 Juli 2019 di Aula Sultan Serdang yang diikuti oleh para Camat se-Kabupaten Sergai, Kasi Pemerintahan, Danramil, Kapolsek, Ketua BPD, Ketua P2KD dan instansi terkait. Kegiatan akan diisi materi dari narasumber Ketua Komisi A DPRD Sergai, Kapolresta Tebing Tinggi, Kapolres Sergai dan Kadis PMD. (Mad)
Facebook Comments