PWI Dan IJTI Tebing Tinggi Gelar Pelatihan Journalist Goes To School

PWI bersama IJTI Kota Tebing Tinggi saat mengelar pelatihan singkat Journalist Goes To School di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi.

TEBINGTINGGI-NN
Wali Kota Tebing Tinggi melalui Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Dasar Jurnalis Televisi “Journalist Goes To School“ yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kota Tebing Tinggi, Kamis (12/12/2019) di Aula SMA Negeri 1 Tebing Tinggi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua PWI Tebing Tinggi Abdullah Sani Hasibuan, Ketua IJTI Korwil Tebing Tinggi Catur Hariono serta Perwakilan PT Inalum Suriono dan Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi serta diikuti oleh sebanyak 50 orang peserta siswa SMA Negeri 1. Wali Kota dalam sambutannya melalui Kadis Kominfo mengatakan bahwa ditengah perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, segala informasi dan berita secara otomatis sadar maupun tidak sadar menjadi konsumsi hidup kita.

Kita ketahui bersama media sosial berpotensi dan mampu membangun publik, opini dan prilaku masyarakat. Sementara yang harus dipahami adalah dengan adanya kebebasan pada media sosial itu membuat kebenaran dan keakuratan informasi serta kredibilitas sumbernya dipertanyakan. Tentu hal ini menjadi perhatian ketika opini publik dan prilaku publik bergerak berdasarkan gejolak media sosial.

“Kepada seluruh pemerhati dan praktisi pers harus tetap menjadi media arus utama masyarakat. Dengan menghadirkan informasi yang benar, akurat, up to date dan bermanfaat bagi pembangunan namun juga menjadi pilar persatuan”, sebut Kadis Kominfo Dedi Siagian.

Ditambahkan Dedi Siagian bahwa Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam hal ini memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini adalah bentuk konsolidasi dan penguatan fungsi pers sebagai pilar pembangunan sehingga membedakan posisi antara media sosial dengan media mainstream yang kini menjadi konsumsi hidup kita”, ujar Dedi.

Sebelumnya Ketua PWI Kota Tebing Tinggi Abdullah Sani Hasibuan dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota dan PT Inalum serta pihak SMA Negeri 1 atas terselenggaranya kegiatan pelatihan singkat ini. “Kami berharap pemko Tebing Tinggi untuk tahun-tahun kedepannya bisa menampung anggaran kegiatan ini di APBD, mengingat tingginya keinginan siswa-siswi yang ada di Kota Tebing Tinggi untuk mengetahui dunia jurnalistik”, harapnya.

Dalam kegiatan pelatihan jurnalistik singkat ini, terlihat para peserta siswa siswi SMA Negeri 1 antusias mengikuti materi yang diberikan oleh narasumber Ketua IJTI Korwil Tebing Tinggi. Dimana dalam materinya Catur Hariono menjelaskan tehnik dasar tentang peliputan berita televisi mulai dari pengambilan gambar, penulisan naskah berita dan diakhiri dengan praktek singkat serta tanya jawab kepada peserta.

Sebelumnya, kegiatan Journalist Goes To School ini diawali dengan penyerahan plakat kepada Wali Kota Tebing Tinggi, PT. Inalum dan SMA Negeri 1 Tebing Tinggi serta pemberian souvenir kepada peserta pelatihan. (Ron)

Facebook Comments