RSUD Sultan Sulaiman Terus Tingkatkan Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat Sergai

SERGAI-NUSANTARANEWS-Kita sadari bahwa kesehatan adalah faktor yang sangat berharga dalam hidup. Hal ini karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan segala aktivitas sehari-hari. Memiliki tubuh yang sehat tentu akan menghasilkan jiwa yang sehat pula.

Namun, hendaknya kita jangan lupa untuk terus memperhatikan kesehatan tubuh, karena kesuksesan akan indah dirasa jika dibarengi dengan fisik dan jiwa yang sehat.

Tak sedikit pula sebagian orang menyepelekan pentingnya memperhatikan/menjaga kesehatan tubuh. Memaksakan raga bergerak melakukan kegiatan tanpa henti dan tidak memperdulikan kondisi tubuh. Terkadang tubuh terlihat baik-baik saja, namun bisa saja tiba-tiba mengalami penurunan Kesehatan yang cukup drastis (drop) akibat banyaknya melakukan aktivitas.

Melakukan istirahat yang cukup, merupakan termasuk dalam memelihara kesehatan juga. Kemudian mengendalikan pikiran agar tidak stres, tergolong bagian dari memperhatikan kesehatan.

Berbicara tentang kesehatan khususnya dalam tatanan pemerintahan, pastinya semua menginginkan masyarakatnya sehat. Begitupun di Kabupaten Serdang Bedagi (Sergai), mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus dan dirumuskan dalam RPJMD yang biasa dikenal dengan sebutan SAPDA atau “Sapta Dambaan”. Salah satu dari perwujudan Sapda adalah menjadikan masyarakat yang sehat. Oleh karenanya, kesehatan tetap menjadi target sekaligus prioritas bagi kepemimpinan Bupati SErgai Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan.

Fasilitas Kesehatan di RSUD Sultan Sulaiman

Pada awal tahun 2023, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman terus berbenah meningkatkan fasilitas kesehatan untuk masyarakat. Terbaru, telah diresmikan Gedung Poliklinik RSUD Sultan Sulaiman di Sei Rampah pada 12 Januari 2023 lalu.
“ Bukan hanya pembangunan jalan saja yang genjot, akan tetapi pelayanan dibidang kesehatan juga terus kami lakukan. Setiap pelayanan yang di berikan kepada masyarakat harus maksimal guna mewujudkan masyarakat yang sehat,” terang Wabup Adlin Tambunan usai meresmikan Gedung tersebut.

Ia pun berharap, jika pelayanan kesehatan yang maksimal di RSUD Sultan Sulaiman ini terus ditingkatkan. Sehingga rumah sakit ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Harapan kita bersama, kehadiran fasilitas berupa Gedung baru ini dapat di manfaatkan sebaik-baiknya sehingga mampu menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sergai,” tutup Wabup.

Sementara itu, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Ahmad Idris Daulay, di ruang kerjanya, Kamis (2/3/2023) menyampaikan bahwa gedung baru Poliklinik yang baru diresmikan beberapa waktu lalu bertujuan agar pelayanan lebih maksimal. Kemudian dari segi pelayanan tentu akan lebih baik lagi dan lebih nyaman.

Ia mengatakan jika peningkatan fasilitas kesehatan dilakukan seiring pula dengan membludaknya pasien di RSUD Sultan Sulaiman. Dengan jumlah ruang yang terbatas tentu kurang maksimal dalam melakukan pelayanan kepada pasien.

“ Berdasarkan data dari RSUD Sultan Silaiman tahun 2021-2022, peningkatan pasien yang berobat cukup meningkat. Pada tahun 2021 jumlah pasien rawat inap mencapai 2.500 orang lebih. Sedangkan tahun 2022 mengalami peningkatan mencapai 5.000 orang lebih yang menginap,” bebernya seraya menambahkan jika tahun 2023 ini fasilitas ruangan bagi pasien khususnya rawat inap akan ditambah. Pengusulan penambahan ruangan ini berdasarkan meningkatnya kunjungan pasien dan tidak mampu lagi fasilitas yang tersedia untuk menampungnya.

Ia menyebut jika RSUD Sultan Sulaiman hanya memiliki 137 tempat tidur di ruang rawat. Periode Januari-Februari 2023 ini, ruangan rawat inap sering penuh. Maka dari itu, perlu dilakukan penambahan fasilitas ruangan dan diharapkan pada Bulan September-Oktober tahun 2023 bisa segera difungsikan,” harap Direktur RSUD Sultan Sulaiman.

“ Kepada masyarakat Sergai kami pesankan agar jangan ragu untuk berobat ke rumah sakit. Kami akan berikan pelayanan maksimal. Kepada masyarakat kurang mampu nanti kami bantu dengan mendaftar pasien Non Register. Sedangkan masyarakat yang belum pernah terdaftar sebagai peserta BPJS mandiri, kami akan upayakan membantu untuk masyarakat yang bertempat tinggal di Sergai,” tutupnya.

Sekilas tentang RSUD Sultan Sulaiman

Sejak diberlakunya Peraturan Bupati Serdang Bedagai Nomor 37 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman, dengan demikian berubah pula statusnya RSUD Sultan Sulaiman menjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan naungannya menjadi di bawah Dinas Kesehatan.
Atas perubahan tersebut, Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP melantik pejabat di lingkungan UPTD RSUD Sultan Sulaiman di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah pada 12 Agustus 2022 lalu.

Dalam kesempatan itu, Bupati berharap bahwa berubahnya status ini, petugas rumah sakit baik dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lainnya dapat termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, harapnya.

Kamaluddin Saragih (44), warga Kecamatan Perbaungan saat dirawat di RSUD Sultan Sulaiman beberapa waktu lalu menuturkan jika pelayanan yang diberikan oleh para tenaga medis di rumah sakit ini sangat prima. Selain ramah mereka juga cukup sigap dan sangat baik.

Pria yang bertugas sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Dinas Kominfo Sergai ini berharap agar jajaran di RSUD Sultan Sulaiman tetap mempertahankan kualitas pelayanannya sehingga para pasien merasa betah dan nyaman berobat di sini, ucapnya.

RSUD Sultan Sulaiman mempunyai visi dan misi yang berorientasi pada rencana pembangunan nasional, pembangunan keshatan indonesia, dan rencana pembangunan serta kebijakan daerah Kabupaten Sergai.
Adapun visi dan misi pelayanan RSUD Sultan Sulaiman adalah :
Motto
S : Senyum
E : Empati
R : Ramah
A : Amanah
S : Sigap
I : Ikhlas

RSUD Sultan Sulaiman juga memberikan pelayanan kesehatan rawat jalan yang berguna dalam pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang diberikan terdiri dari beberapa spesialisas pelayanan yang dapat dikategorikan sebagai berikut : Klinik Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Penyakit Anak, Spesialis Penyakit Bedah, Spesialis Penyakit Obstetri dan Kandungan, Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin, Spesialis Penyakit Mata, Spesialis Penyakit Paru, Spesialis THT, Spesialis Jiwa, Spesialis Anasthesi, Spesialis Umum, Spesialis Gigi dan Mulut, Spesialis Forensik, Spesialis Cardiologi, Spesialis Syaraf, Spesialis Orthoped, Spesialis Griyatri dan Pelayanan Rawat Inap.

Sedangkan untuk sarana penunjang gizi di RSUD Sultan Sulaiman antara lain; Instalasi Farmasi, Instalasi Patologi Klinis (laboratorium), Instalasi Gizi, Instalasi Radiologi, Instalasi Rehabilitasi Medis, Unit Tranfusi Darah (UTD), Instalasi Pemeliharaan Rumah Sakit (IPSRS), Instalasi Kamar Jenazah, Laundry, Unit Rekam Medis, Instalasi Pengolahan Air Limbah, Pelayanan Bedah Sentral, Pelayanan ICU dan Instalasi Rumah Sakit adalah suatu bagian/unit/divisi atau fasilitas dirumah sakit, tempat penyelenggaraan semua kegiatan pekerjaan Medis yang ditujukan untuk keperluan rumah sakit itu sendiri.

Sebagai fasilitas pelayanan masyarakat, RSUD Sultan Sulaiman juga menyediakan fasilitas layanan umum. Hal ini tentunya dapat dinikmati masyarakat baik pasien yang datang berobat maupun keluarga pasien yang datang berkunjung.
Pelayanan umum dalam hal transportasi rujukan pasien tentunya sangat membantu terutama dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan rujukan. Sedangkan bentuk lain pelayanan umum yang ada di RSUD Sultan Sulaiman yaitu; Sarana Parkir, Musala, Transportasi Ambulan dan Kantin.

Terkait dengan Sumber daya manusia yang ada di rumah sakit terdiri dari, pertama, tenaga kesehatan yang meliputi Dokter Spesialis, Dokter Umum, Perawat, Apoteker, bidan, analis kesehatan, asisten apoteker, ahli gizi, fisiotherapi, radiographer, dan rekam medis. Kedua tenaga non kesehatan yaitu bagian keuangan, administrasi, personalia, dan lain-lain.***

Facebook Comments