Sandiaga Uno Apresiasi Komik ‘Si Ito’ Bercerita Pariwisata Sumut Berbasis Kertas Daur Ulang

PENGGAGAS: Lima mahasiswi asal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) penggagas komik tentang pariwisata Sumatera Utara dengan judul ‘Si Ito: Jelajah Sumatera Utara (Explore North Sumatra) Series #1.(Foto: Istimewa)

MEDAN ~Nusantaranews– Lima mahasiswi asal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) luncurkan komik tentang pariwisata Sumatera Utara dengan judul ‘Si Ito: Jelajah Sumatera Utara (Explore North Sumatra) Series #1. Inovasi komik Si Ito terletak pada bahan dasar kertasnya yang daur ulang dan ramah lingkungan serta berbasis aplikasi digital. Komik dua bahasa ini telah diikut sertakan pada ajang nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pendanaan tahun 2022. Komik Si Ito resmi dipasarkan secara online, Minggu (7/8/22) di seluruh marketplace dan media sosial.

Komik Si Ito digagas oleh Peny Eriska (FISIP) selaku ketua bersama keempat temannya Lola Fadhillah (FKIP), Mutasya Biha (FKIP), Alifah Hanum (FEB) dan Farah Yamin Syahrina (FEB) serta didampingi dosen UMSU Muhammad Andi Prayogi, S.E, M.Si. Komik ini berhasil mendapatkan pendanaan di ajang nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan.

Komik ini berhasil menarik perhatian Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, melalui kolom komentar instagramnya, Sandiaga Uno mengapresiasi komik Si Ito dengan menyebutkan bahwa inovasi ini keren. Tidak hanya Menparkraf, Indra Cahya Uno selaku pendiri Gerakan Sosial Ok Oce Indonesia turut memberikan apresiasi bahwa komik Si Ito syarat akan unsur budayanya dan kekinian banget cocok buat semua kalangan, keren menceritakan pariwisata Sumatera Utara ke tingkat Internasional. level.

Komik ini mendapat perhatian juga oleh Prof. Dr. H. Khairil Ansari, M.Pd, Guru Besar UNIMED dan Ketua Pusat Kajian Budaya Melayu UMSU yang mengatajan bahwa komik Si Ito mengangkat dunia pariwisata di Sumatera Utara media yang sangat digemari milenial generasi Z dan pesan komiknya sangat tepat sasaran agar generasi milenial mengenal daerahnya. Selain itu, Prof. Dr. Ibrahim Gultom Guru Besar UNIMED dan Pemerhati Budaya memberikan komentar bahwa komik Si Ito beserta aplikasinya, sangat menarik untuk menyambut kehadiran wisatawan lokal dan manca negara karena isinya menyuguhkan atribut budaya dan pariwisata Sumatera Utara yang familiar.

“Komik Si Ito ini diluncurkan sebagai komik edukasi tentang pariwisata Sumatera Utara dan bisa juga dijadikan salah satu oleh-oleh wisatawan. Inovasinya tidak hanya terletak dari bahan kertasnya yang daur ulang ya. Tapi, di dalam komik versi cetak juga terdapat potongan kain ulos dan songket yang bisa langsung disentuh dan dirasakan,” tutur Peny Eriska selaku ketua tim, Minggu (7/08/22).
Selain itu, komik ini terdapat dua versi, “Komik versi cetaknya juga dilengkapi dengan aplikasi berbasis digital ‘Komik Si Ito’ yang dapat diunduh di google play store.

Aplikasi komik tersebut, terdapat fitur instrumen musik daerah Sumatera Utara, sehingga pembaca bisa menikmati komik sembari mendengarkan instrumen musik daerah Sumatera Utara,” ujar Mutasya Biha.

“InsyaAllah, komik Si Ito ini bisa bermanfaat untuk edukasi dan juga lingkungan. Ke depannya komik Si Ito akan di pasarkan secara Internasional dan bisa berkesempatan mengikuti Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2022. Mari segera beli dan koleksi komik Si Ito untuk mendorong karya anak bangsa dan khsususnya pariwisata serta ekonomi kreatif di Sumatera Utara,” ujar Muhammad Andi Prayogi selaku dosen pendamping.

Komik Si Ito dapat dipesan melalui marketplace Shopee, Tokopedia hingga Bukalapak dengan nama toko ‘Komik Si Ito’ atau melalui akun instagram @komiksiito, facebook ‘Komik Si Ito’ hingga tiktok @komiksiito.

Facebook Comments