Tingkatkan Kompetensi Guru Untuk Wujudkan Sekolah Mantab di Sergai

 

SERGAI-NUSANTARANEWS- Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran tentang pengetahuan serta keterampilan yang mampu dilakukan dimana saja serta kapan saja. Pendidikan bisa diperoleh bagi setiap orang dimulai berasal kecil hingga tua.

Pendidikan sangat krusial bagi semua orang yg bertujuan mencerdaskan dan mengembangkan potensi pada diri. Semakin bertumbuh serta berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yg lebih luas, kepribadian yg baik serta sebagai pribadi yang bertanggung jawab.

Kemajuan suatu bangsa di masa sekarang dan masa datang akan sangat ditentukan oleh generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa itu sendiri. Generasi muda yang berkualitas dihasilkan dari adanya sistem pendidikan yang berkualitas pula. Tidak mungkin akselerasi kemajuan bangsa dapat terwujud di masa datang tanpa didukung oleh kemajuan di bidang pendidikan. Dalam hal ini, pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat berharga dan bernilai, terutama bagi generasi muda yang akan menentukan maju mundurnya suatu bangsa.

Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran tentang pengetahuan dan keterampilan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan dapat diperoleh bagi setiap orang dimulai dari kecil sampai tua. Pendidikan sangat penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri.

Betapa pentingnya pendidikan bagi generasi muda, antara lain dapat membangun karakter bagi generasi muda. Pendidikan karakter sendiri termasuk aspek yang penting, karena mengajarkan norma keagamaan, sosial, dan norma-norma lainnya. Apabila karakter ini sudah terbangun dapat membangun serta memajukan bangsa. Kemudian Pendidikan sebagai wadah untuk memperdalam suatu ilmu pengetahuan.

Selanjutnya dengan Pendidikan kita dapat memperoleh kehidupan yang jauh lebih baik. Dengan memiliki tingkat pendidikan yang baik, kita akan lebih mendapatkan posisi hidup yang jauh lebih mapan. Pendidikan telah membuka wawasan kita sehingga mampu menilai sesuatu dan menempatkan diri pada posisi yang belum kita rasakan sebelumnya.

Dengan Pendidikan kita juga bisa memperoleh kehidupan yang stabil dan terarah, merubah  mindset perihal hidup dan mampu membedakan kebenaran serta kesalahan.

Sergai Tingkatkan Kompetensi Guru

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) lewat Dinas Pendidikan  melaksanakan beragam upaya untuk mewujudkan Sapta Dambaan atau SAPDA terutama pada programnya yang pertama, yaitu Sekolah Mantab atau Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengoptimalkan komunitas belajar dalam implementasi kurikulum merdeka di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat. Hal ini tentu untuk menjawab tantangan era globalisasi dan perkembangan dunia Pendidikan.

Demikian disampaikan Wabup Adlin Tambunan saat menghadiri pelaksanaan kegiatan pengembangan diri bagi guru jenjang Sekolah Dasar (SD) tahun 2023 di Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, 13 Februari 2023 lalu.

Untuk mencapai pendidikan yang bermutu, dibutuhkan kompetensi guru dalam membentuk anak-anak menjadi generasi yang cerdas, beradab, dan memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. Oleh karenanya, pentingnya kompetensi bagi guru untuk mencapai hal tersebut.

Wabup Adlin Tambunan menyebut jika tantangan para guru-guru saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemajuan teknologi di era globalisasi membuat peraturan-peraturan dan pengetahuan dalam dunia pendidikan semakin cepat berubah. Oleh karena itu, para guru harus mengikuti perkembangan perkembangan tersebut.

Namun menurutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa segala pembangunan fisik sekolah, baik itu pembangunan jalan, drainase, atau pembangunan fasilitas lainnya, tidak akan bermanfaat jika anak-anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan benar. Oleh karena itu, bagi Wabup Adlin pendidikan saat ini harus mengarahkan para siswa menjadi anak-anak yang berkarakter, mengetahui kompetensi dirinya, dan mengenali siapa mereka serta kemana arah tujuannya, imbuhnya.

“ Saya ucapkan terima kasih kepada para guru yang sudah begitu sabar dan tekun dalam membimbing anak-anak di Kabupaten Sergai. Kami yakin bahwa dedikasi dan usaha para guru akan menjadi pahala yang baik. Terima kasih atas jasa dan kontribusi dalam pendidikan anak-anak kita,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Sergai Suwanto  Nasution, S.Pd, MM, pada Oktober tahun 2022 menyebut jika Dinas Pendidikan menerjemahkan program sekolah mantab yang diusung Bupati dan Wabup Sergai lewat serangkaian inovasi.

“ Pak Bupati tak pernah lelah menekankan jika sektor pendidikan di Kabupaten Sergai harus aktif melahirkan inovasi. Ini demi pelayanan pendidikan yang Maju Terus,” ujar Suwanto.

Jajaran Dinas Pendidikan juga sudah melakukan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang merupakan upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Selain itu, pihaknya juga menggelar serangkaian bimbingan teknis (Bimtek) kepada para guru dan kepala sekolah.

“Kami berusaha meningkatkan kemampuan teknis para tenaga pendidik untuk memastikan mereka memiliki kapabilitas yang mumpuni dalam menjalankan tugas edukasi. Semakin baik kapabilitas, tentu kualitas hasil proses pendidikan juga akan semakin tinggi,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, ada pula program penulisan karya ilmiah bagi guru yang dilaksanakan secara cuma-cuma untuk meningkatkan kemampuan literasi para tenaga pendidik di Sergai.

“Tak hanya itu saja. Kami juga mengadakan Bimtek penyusunan kurikulum muatan lokal jenjang SD dan SMP. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan siswa yang berintegrasi. Kurikulum yang terbentuk secara sistematis juga membuat siswa mengerti sistem pendidikan yang diterapkan. Para pendidik di Sergai juga sudah diarahkan untuk aktif menyosialisasikan pencegahan tiga “dosa besar” pendidikan yaitu perundungan atau bullying, intoleransi, dan kekerasan seksual.

“Instansi pendidikan di Sergai harus bersih dari perilaku yang menyalah. Untuk itu kita telah mempersiapkan para guru untuk menekankan pentingnya kesadaran akan sikap dan perilaku yang baik. Tidak hanya sosialiasasi, guru juga dibekali agar mampu menjadi sosok yang bisa dicontoh oleh para peserta didiknya,” terang Suwanto seraya menyampaikan rasa optimis kedepannya sektor pendidikan di Sergai akan terus menunjukkan progres yang baik lewat inovasi dan evaluasi yang aktif dilakukan.

“ Saya berharap para guru dapat membuat program kerja yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan, karena kunci keberhasilan pendidikan ada di tangan para guru,” pesan Kadis Pendidikan.***

Facebook Comments