Wujudkan Masyarakat Sergai yang Sehat Melalui Pelayanan Prima di Puskesmas

 

SERGAI-NUSANTARANEWS-Kesehatan merupakan salah satu urusan wajib bagi pemerintah. Selain kesehatan, urusan yang berkaitan dengan pelyanan dasar, antara lain pendidikan; kesehatan; pekerjaan umum dan penataan ruang; perumahan rakyat dan kawasan permukiman; ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat; serta sosial.

Begitupun dengan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang juga mengedepankan aspek kesehatan bagi masyarakat. Hal ini tertuang dalam visi misi yang diemban oleh kepemimpinan Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan yaitu program Sapta Dambaan (Sapda).

Adapun program Sapda melingkupi, pertama; Sekolah Mandiri, Terampil, Asri dan Berkualitas (Sekolah Mantab), kedua; masyarakat sehat dan religius, ketiga; pertanian mandiri dan berkelanjutan, keempat; infrastruktur terintegrasi, kelima; ekonomi berdaya saing, keenam; wisata maju terus dan terakhir birokrasi dambaan.

Pemkab Sergai terus menggenjot sarana dan prasarana kesehatan yang tentunya untuk mewujudkan masyarakat Tanah Bertruah Negeri Beradat yang sehat.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai, Selamet Hartono, S,KM, M.Kes melalui Sekretaris, Liagustina Simamora, SKM, Selasa (28/3/2023) menyebut jika jumlah pusat layanan kesehatan khususnya puskesmas di Kabupaten Sergai sebanyak 20 unit dan 76 puskesmas pembantu (Pustu). Baik Puskesmas maupun Pustu yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai sama-sama memberikan pelayanan Kesehatan secara permanen kepada masyarakat, katanya.

Tentu kita tahu jika saat ini Pemkab Sergai terus berpacu meningkatkan sarana dan prasarana Kesehatan bagi masyarakat. Tak hanya puskesmas, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman juga terus melakukan beberapa peningkatan pelayanan Kesehatan.

Pada awal tahun 2023, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman terus berbenah meningkatkan fasilitas kesehatan untuk masyarakat. Terbaru, telah diresmikan Gedung Poliklinik RSUD Sultan Sulaiman di Sei Rampah pada 12 Januari 2023 lalu.

“ Bukan hanya pembangunan jalan saja yang genjot, akan tetapi pelayanan dibidang kesehatan juga terus kami lakukan. Setiap pelayanan yang di berikan kepada masyarakat harus maksimal guna mewujudkan masyarakat yang sehat,” terang Wabup Adlin Tambunan usai meresmikan Gedung tersebut.

Ia pun berharap, jika pelayanan kesehatan yang maksimal di RSUD Sultan Sulaiman ini terus ditingkatkan. Sehingga rumah sakit ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“ Harapan kita bersama, kehadiran fasilitas berupa Gedung baru ini dapat di manfaatkan sebaik-baiknya sehingga mampu menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sergai,” tutup Wabup.

Mengutip keterangan Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Ahmad Idris Daulay, pada 2 Maret 2023 lalu, jika gedung baru Poliklinik yang baru diresmikan beberapa waktu lalu bertujuan agar pelayanan lebih maksimal. Kemudian dari segi pelayanan tentu akan lebih baik lagi dan lebih nyaman.

Ia mengatakan jika peningkatan fasilitas kesehatan dilakukan seiring pula dengan membludaknya pasien di RSUD Sultan Sulaiman. Dengan jumlah ruang yang terbatas tentu kurang maksimal dalam melakukan pelayanan kepada pasien.

“ Berdasarkan data dari RSUD Sultan Sulaiman tahun 2021-2022, peningkatan pasien yang berobat cukup meningkat. Pada tahun 2021 jumlah pasien rawat inap mencapai 2.500 orang lebih. Sedangkan tahun 2022 mengalami peningkatan mencapai 5.000 orang lebih yang menginap,” bebernya seraya menambahkan jika tahun 2023 ini fasilitas ruangan bagi pasien khususnya rawat inap akan ditambah.

Melalui Puskesmas, Pemkab Sergai terus berikan pelayanan prima untuk masyarakat

Sadar akan pentingnya Kesehatan bagi masyarakat, Pemkab Sergai terus berupaya memberikan pelayanan yang prima. Salah satunya yang dilakukan oleh jajaran Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu.

Sejak diresmikan oleh Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan pada 11 Januari 2022 lalu, UPT Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu terus melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Bukan hanya infrastruktur jalan, jembatan maupun irigasi saja yang terus digenjot, namun Pemkab Sergai dibawah komando Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan juga menjadikan pembangunan infrastruktur kesehatan sebagai salah satu prioritas dalam mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

“Dengan adanya bangunan baru UPT Puskesmas Sialang Buah ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal dan prima. Kemudian kepada tenaga medis dapat menjalankan tugas pelayanan kesehatan masyarakat, terkhusus warga Kecamatan Teluk Mengkudu, dan kepada masyarakat Sergai secara umum,” kata Wabup usai peresmian puskesmas pada awal Januari lalu.

Adlin Tambunan berharap semoga ini bisa menjadi motivasi bagi para tenaga medis untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Terpenting, kita melayani dengan adil tanpa membedakan status warga yang datang. Semua orang harus diperlakukan sama dan adil, pungkasnya.

Ragam kegiatan terus dilakukan diantaranya, melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis berkolaborasi dengan unsur pemerintahan kecamatan dan desa maupun instansi vertikal lainnya.

Pada 13 Februari 2023 lalu, Puskesmas Sialang Buah menggelar Gebyar Iva Test yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya didampingi Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan serta jajaran Pemerintah Kecamatan Teluk Mengkudu.

Saat hadir disela-sela kegiatan itu, Ketua TP PKK Sergai menyampaikan jika melalui kegiatan Gebyar IVA Test akan menambah cakupan peserta IVA test sehingga derajat kesehatan masyarakat di wilayah Kecamatan Teluk Mengkudu akan semakin meningkat. Adanya kepedulian dari seluruh masyarakat dan unsur terkait untuk bersama-sama melakukan pencegahan penyakit kanker serviks.

UPT. Puskesmas Sialang Buah dr. Sri Eva Purba menyebut jika respon masyarakat sangat baik, hal ini terlihat dari antusias warga yang bersedia mendaftarkan diri untuk ikut Kegiatan Gebyar IVA Test di Puskesmas Sialang Buah dimanfaatkan oleh warga Kecamatan Teluk Mengkudu untuk mengecek kesehatan leher rahimnya secara gratis.

Selain itu, kegiatan pengobatan gratis juga terus diminati oleh masyarakat. Kegiatan ini akan terus berjalan dengan target memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat Teluk Mengkudu.

“ Program pelayanan Kesehatan ini tentu untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk pelayanan kesehatan prima. Sebagai petugas medis, kami diberi amanah untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat Teluk Mengkudu, mulai dari pencegahan hingga pengobatan. Dengan pemberian pencegahan dan pelayanan kesehatan yang intensif seperti ini, saya yakin masyarakat Sergai khususnya di Kecamatan Teluk  Mengkudu akan menjadi masyarakat sehat yang jauh dari penyakit,” tandasnya.

Tak hanya itu, Puskesmas Sialang Buah juga kerap melakukan kunjungan kesehatan lingkungan ke rumah warga di wilayah kerja Puskesmas Sialang Buah serta menggelar pengobatan gratis seperti melayani pemeriksaan Kesehatan umum, pemeriksaan PTM (cek gulah darah, kolesterol dan asam urat) serta menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Puskesmas Sialang Buah juga memberikan pelayanan pasien partus serta melakukan sweeping SUB PIN polio diwilayah kerja puskesmas. Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.***

Facebook Comments