TP PKK Sumut Kunjungi Saung Mulia

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara (Sumut) Dessy Hassanudin menghadiri Penilaian Lomba kegiatan evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS) di Jalan Kawat VII, Kelurahan Tj. Mulia Hilir, Kec. Medan Deli, Medan. (Foto:  Munawar Hrp/Dinas Kominfo Sumut)

 

MEDAN ~Nusantaranews– Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut)   bersama Tim Evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sejahtera (PTP2WKSS) PKK Sumut mengunjungi Saung Mulia di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Selasa (7/11). Kunjungan ini dalam rangka penilaian tentang peran kaum perempuan mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera.

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, dan rombongan, berkesempatan meninjau aneka tanaman yang ada di saung tersebut. Mulai dari tanaman cabai, terong, tomat, gambas, anggur, dan kolam ikan nila, yang tertata rapi.

Usai melakukan peninjauan, Dessy Hassanudin juga berdiskusi dengan ibu-ibu PKK yang mengurus Saung Mulia dan menyampaikan pentingnya peran program PTP2WKSS dalam membantu prekonomian keluarga. “Ibu-ibu bisa membantu bapak-bapaknya, bisa memanfaatkan lahan rumahnya, minimal tidak beli bahan pangan lagi buat kebutuhan sehari-hari,” katanya

Walikota Medan Bobby Nasution dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakota Medan M Sofyan mengatakan, melalui program PTP2WKSS ini diharapkan tercipta keluarga yang sehat, sejahtera dan berdaya di seluruh kelurahan yang ada di Kota Medan, terutama untuk menekan jumlah kasus Balita stunting di Kota Medan.

“Kami berharap program ini salah satu indikator pendukung dalam menekan pertumbuhan stunting di Kota Medan. Untuk tahun 2023, Balita stunting di Kota Medan 298 Balita dan ini sudah turun dari tahun sebelumnya 550 orang Balita, kita harapkan di 2024 ini bisa turun hingga 14%,” harapnya

Sofyan juga berharap, dinas terkait terus memberi bimbingan dan motivasi khususnya bagi kaum perempuan, agar mereka semakin berdaya untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera melaui pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam (SDA).

Sementara Kepala Bidang Kemasyarakatan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut Hardiyanto mengatakan, tim evaluasi yang hadir hari ini untuk melihat sejauh mana keberhasilan PKK melaksanakan program PTP2WKSS, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat, baik bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

“Memang ini adalah kompetisi. Tapi dibalik itu semua bagaimana untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDM) serta lingkungan, guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga yang sehat, sejahtera, dan bahagia, dalam rangka pembangunan masyarakat desa atau kelurahan dengan perempuan sebagai penggeraknya,” jelasnya.

Turut hadir Sekretaris PKK Sumut Reza Pahlevi Lubis, Camat Medan Deli Indra Utama, beserta Forkopimcam Medan Deli.

Facebook Comments