Rakor Pertama GTRA Kab Sergai  Rumuskan Langkah Kerja Tim

NusantaraNews,co.id, Serdang Bedagai
Pasca keluarnya SK  Gugus Tugas reforma Agraria (GTRA) Kab Sergai menggelar rakor pertama dengan merumuskan kerja tim Rabu (11/9) yang langsung di pimpin Plt. Asisten I, Fajar Simbolon M.Si yang juga dihadiri Ka BPN Sergai I Wayan Suada, Dinkominfo, Bapeda, PMD, PERKIM, Bagian Hukum, serta Sekber RA dan KPA Sumut.
Fajar Simbolon menyampaikan bagaimana reforma agraria tak sebatas teori, tapi sampai kepada praktek dan pelaksanaannya. “Ini adalah mimpi Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bagaimana Gerakan Reforma Agraria di Serdang Bedagai bisa jalan.” Paparnya.
Dalam pembahasan itu perwakilan masyarakat sipil Wina Khairina mengharapkan perwakilan masyarakat sipil dapat berkontribusi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan Reforma Agraria di Sergai. “Ada 2 tahapan penting, pertama memastikan partisipasi masyarakat menjadi emansipasi, dimana masyarakat terlibat aktif dalam proses perencanaan, implementasi dan evaluasi upaya perwujudan reforma agraria di Sergai dan desa  terlibat dalam GTRA” harapnya.
Dalam kesempatan itu Ka BPN Kab Sergai I Wayan Suada mengatakan bahwa koordinasi menjadi hal penting dalam pelaksanaannya. “Hal ini, kita bisa menganalisa apa kebutuhan, perencanaan, dan sumberdaya yang dibutuhkan bagaimana bisa melakukan peningkatan kapasitas, termasuk di tingkat desa.” tambahnya.
Lebih lanjut dikatakan I Wayan Suada bahwa ada 2 hal yang tim GTRA harus laksanakan sesuai amanat Perpres 86/2018. Komunitas yang berkonflik dan komunitas yang tidak berkonflik, namun memiliki kendala legalisasi karena berada di perkebunan dan daerah aliran sungai, serta kawasan hutan.
Kendala itu juga dibenarkan Arie Putra ketua Serikat Petani Sergai yang juga hadir pada rakor itu “Ada kelompok petani anggota kita yang masih berkonflik dengan perkebunan, kemudian bagaimana dalam prosesnya dimana Desa dapat dilibatkan, karena reforma agraria ini tidak kecil masalahnya” paparnya.
Dalam rakor itu menyepakati keputusan rapat bahwa di akhir September 2019, Pemkab akan memfasilitasi launching Tim GTRA Kab Sergai pada momentum Hari Tani Nasional 2019 kepada publik di Kab Sergai. (Dr01)
Facebook Comments