Berujung OTT KPK, Ini Foto Kenangan Walikota Medan di Jepang

Rombongan Pemerintah Kota dan DPRD Kota Medan foto bersama dengan pejabat Kota Ichikawa, Jeoang.
Rombongan Pemerintah Kota dan DPRD Kota Medan foto bersama dengan pejabat Kota Ichikawa, Jeoang.

NUSANTARANEWS~MEDAN~Dalam pernyataan persnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Walikota Medan, Drs. Tengku Dzulmi Eldin, MSi, MHum berawal dari Tim mendapatkan informasi adanya permintaan uang dari Walikota Medan untuk menutupi ekses perjalanan Dinas atau “jalan-jalan” Walikota bersama jajaran Pemkot Medan ke Jepang, diketahui walikota membawa serta keluarganya pada perjalanan dinas tersebut.

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

KPK menyatakan, Pada bulan Juli 2019 TDE melakukan perjalanan dinas ke Jepang didampingi beberapa kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Medan. Perjalanan dinas ini dalam rangka kerjasama sister city antara Kota Medan dan Kota Ichikawa di Jepang.

Dalam perjalanan dinas tersebut, di luar rombongan Pemerintah Kota Medan, TDE mengajak serta istri, 2 orang anak, dan beberapa orang lainnya yang tidak berkepentingan. Keluarga TDE bahkan memperpanjang waktu tinggal di Jepang selama 3  hari di luar waktu perjalanan dinas. Di masa perpanjangan tersebut keluarga TDE didampingi oleh Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan yaitu SFI.

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Akibat keikutsertaan pihak-pihak yang tidak berkepentingan, terdapat pengeluaran perjalanan dinas Walikota yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan tidak bisa dibayarkan dengan dana APBD. Pihak tour dan travel kemudian menagih sejumlah pembayaran tersebut kepada TDE.

TDE kemudian bertemu dengan SFI dan memerintahkannya untuk mencari dana dan menutupi ekses dana non-budget perjalanan ke Jepang tersebut dengan nilai sekitarRp 800 juta.(DBS)

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Facebook Comments