Cegah Karhutla,  Polsek Tiga Juhar Padamkan  Titik Api di Lahan Milik Warga

Cegah Karhutla,  Polsek Tiga Juhar Padamkan  Titik Api di Lahan Milik Warga
DELISERDANG~Nusantaranews~ Adanya 1 titik api (Hot Spot) Medium di kecamatan STM Hulu kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara yang muncul dari aplikasi Karhutla Lancang Kuning, personil Polsek Tiga Juhar Polresta Deli Serdang, langsung turun ke titik Lokasi, pada Rabu (15/7/2020) malam kemarin.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, awalnya,  pada Rabu (15/7/2020) sekira pukul 19.00 WIB Polsek Tiga Juhar Polresta Deli Serdang, menerima informasi adanya titik api medium pada kordinat : 3° 16′ 1.27″ N, 98° 46′ 8.87″ E (3.26702,98.76913) tepatnya di desa Gunung Manupak A kecamatan STM Hulu kabupaten Deli Serdang.
Selanjutnya,  atas laporan tersebut Kapolsek Tiga Juhar Polresta Deli Serdang, AKP Salija, SH langsung memerintahkan anggotanya untuk turun dan mengecek ke lokasi. Sesampainya di lokasi, personil menemukan kobaran api yang berasal dari ladang milik Nelson Barus (45). Selanjutnya, bersama dengan Kades Gunung Manupak A dan pemilik lahan, petugas langsung memadamkan titik api tersebut.
Dari keterangan Nelson Barus,  dirinya mengakui bahwa kegiatan pembakaran lahan tersebut dilakukan pada sore hari, dengan bertujuan untuk membersihkan lahannya dan membakar sisa ranting pohon karet yang nantinya ingin ditanami pohon salak. Kepada petugas dan kepala desa,  Nelson Barus merasa menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Saat di konfirmasi,  Kapolsek Tiga Juhar Polresta Deli Serdang, AKP Salija, SH menerangkan “Dalam menanggapi cuaca kemarau, Pihaknya selalu siap siaga, dan juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan Karhutla seperti Patroli dan menghimbau serta sosialisasikan Stop Karhutla kepada masyarakat.” Jelas kapolsek.(DS01)
Facebook Comments