Ganjar Kuliah Umum di USU: Disrupsi Teknologi, Kita Harus Adaptif

KULIAH UMUM: Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP. memberikan Kuliah Umum bertajuk “MBKM dan Tantangan Disrupsi Teknologi Digital” di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU).(Foto: Humas USU)
KULIAH UMUM: Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP. memberikan Kuliah Umum bertajuk “MBKM dan Tantangan Disrupsi Teknologi Digital” di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU).(Foto: Humas USU)

MEDAN ~Nusantaranews– Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan Kuliah Umum bertajuk “MBKM dan Tantangan Disrupsi Teknologi Digital” dengan mengundang Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP. Kuliah umum ini diadakan di Auditorium USU pada Jumat (08/04/2022).

Ganjar Pranowo menyampaikan, saat ini dunia tengah menghadapi disrupsi teknologi digital yang mengharuskan manusia beradaptasi. Talenta harus disiapkan dengan pendidikan masa depan yang adaptif. Salah satunya melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kita sudah dihadapkan dengan revolusi industri, pandemi mendorong semua untuk melakukan revolusi ini. Dunia menuntut kita untuk beradaptasi,” katanya.

Ia memaparkan,  revolusi industri menyebabkan 35% jenis pekerjaan akan hilang pada 2025. Sedangkan tumbuh 65% kompetensi baru yang berbasis teknologi informasi. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai digital natives dituntut untuk mengadaptasi teknologi informasi dengan cara baru.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi mahasiswa USU yang telah mendisrupsi diri dengan menciptakan program-program yang memajukan masyarakat. Begitu pula dengan dosen-dosen yang mendampingi. Sehingga menciptakan kenyaman dalam belajar.

“Mereka sangat antusias dan siap menjemput peradaban baru. Tadi mereka menyampaikan bagaimana mereka melaksanakan MBKM, praktik di masyarakat membuat aplikasi, dan melakukan pemberdayaan,” tuturnya.

Ganjar berpesan kepada mahasiswa USU untuk selalu beradaptasi, berinovasi, dan belajar dengan sungguh-sungguh.

Senada dengan hal tersebut, Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si menyampaikan, dunia hari ini tengah menghadapi tiga persoalan yaitu revolusi industri 4.0, disrupsi, dan pandemi. Untuk itu, perguruan tinggi bertugas mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia industri, salah satunya melalui pelaksanaan MBKM.

“Merdeka belajar memberikan kesempatan mahasiswa belajar di luar kampus atau program studi, mengelola tantangan disrupsi digital. Sehingga mahasiswa lulus bisa diserap industri serta alumni disegani oleh dunia industri,” tutur rektor.

Dalam mendukung pelaksanaan MBKM, USU kini juga tengah menerapkan kelas kolaboratif dan partisipatif dengan mewajibkan dosen dan mahasiswa melakukan adaptasi dalam proses belajar mengajar yang menyesuaikan kebutuhan industri.

BERSAMA: Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP foto bersama Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si , Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, dan tokoh masyarakat Sumut, usai memberikan Kuliah Umum bertajuk “MBKM dan Tantangan Disrupsi Teknologi Digital”  di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU).(Foto: Humas USU)
BERSAMA: Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP foto bersama Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si , Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, dan tokoh masyarakat Sumut, usai memberikan Kuliah Umum bertajuk “MBKM dan Tantangan Disrupsi Teknologi Digital” di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU).(Foto: Humas USU)

“Kita membuat kebijakan teknis sehingga tetap menyesuaikan proses pendidikan ruang kelas sesuai dengan kebutuhan industri. Kita mau mahasiswa cepat mengikuti adaptasi belajar, dan dosen juga beradaptasi dalam mengajar,” pungkasnya.(AS)

Facebook Comments