Wabub Sergai ” Masalah Harga Buat Petani Tanam Sawit Atau Ubi”

SERGAI-NN
Harga kelapa sawit yang tidak stabil menjadi permasalahan tersendiri, sehingga masyarakat kebingungan memilih antara menanam kelapa sawit atau tanaman potensial lain, seperti misalnya ubi.
Papar Wabub Sergai H. Darma Wijaya saat menghadiri Susialisasi Pengawalan dan Evaluasi Program Peremajaan Kelapa Sawit Perkembangan Tahun 2019 Selasa (12/11) di aula  Rumah Makan Bayu Lagon Kota Tebing Tinggi ” Momen ini kita harapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pembangkit semangat perekonomian terutama mereka yang menggantungkan perekonomian pada kelapa sawit” Papar Wabub.
Lanjut Darma Wijaya. Perkebunan kelapa sawit yang merupakan 60% dari seluruh jenis kebun di Sergai tentu menjadi fakta potensial untuk menyukseskan program peremajaan kelapa sawit ini. Namun walaupun persentasenya besar, petani sawit di Sergai masih kurang pemahamannya dalam proses teknis perkebunan, seperti cara memilih bibit kelapa sawit yang unggul, cara memanen yang masih keliru, dan hal dasar lain yang menyebabkan kurang maksimalnya hasil produksi kelapa sawit.
Terkait dengan perkebunan kelapa sawit, dalam kesempatan itu Kadis Perkebunan Provsu, Ir. Herawati N. MMA, seperti menginformasikan kalau peremajaan tanaman kelapa sawit menjadi salah satu faktor yang diharapkan dapat mendongkrak produksi CPO (crude palm oil). Saat ini luas area sawit di Sumatera Utara mencapai 1,3 juta hektare dan menjadi provinsi dengan luasan lahan sawit terbesar kedua di Indonesia setelah Riau. Produksi CPO mencapai 5 juta ton per tahun.(Mad)
Facebook Comments