Wali Kota Sampaikan Kegiatan Dikatakan Sukses Jika Diekspos Oleh Wartawan

TEBINGTINGGI-NN
          Sehebat dan semeriah apapun sebuah kegiatan itu dikemas, jika tidak diekspos oleh para wartawan media cetak ataupun elektronik dan online tidak akan ada apa-apanya, karena hal tersebut sama sekali tidak akan diketahui oleh khalayak umum secara luas.
          Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan saat membuka dan sekaligus sebagai salah satu narasumber pada acara Sosialisasi Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Humas PP Kota Tebing Tinggi, Selasa (25/6/2019) siang di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi.
          Kegiatan ini dihadiri oleh nara sumber Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara H Hermansyah dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumatera Utara Rizal R Surya, serta Ketua PWI Tebing Tinggi Abdullah Sani Hasibuan, Ketua Komnas WI Tebing Tinggi Ridwan Siahaan, dan Koordinator IJTI Kota Tebing Tinggi Catur Haryono.
          Disampaikan Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan bahwa wartawan sangat berperan dalam mensukseskan sebuah acara, dan sebagai salah satu contoh pada perhelatan Piala Dunia sepak bola, dimana ribuan wartawan dari segala penjuru dunia datang untuk meliput, dengan demikian panitia yang telah mengkemas kegiatan tersebut dengan sangat baik dapat meraih kesuksesan setelah acara itu disaksikan oleh seluruh umat didunia.
          Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Tebing Tinggi turut menyampaikan jika kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangatlah penting, dan merupakan kegiatan yang disenangi oleh Allah SWT, karena pertemuan dan kegiatan ini adalah kegiatan yang mengajarkan tentang keilmuan dan keahlian, guna menambah ilmu dan wawasan bagi wartawan yang bertugas di Kota Tebing Tinggi.
          “Wartawan adalah merupakan sebuah profesi, dan untuk itu wartawan dituntut harus dapat bekerja secara profesional sesuai dengan keilmuan yang dimilikinya. Dalam setiap profesi memiliki etika demikian juga dengan wartawan dalam menjalankan profesinya juga ada etika didalamnya, maka dalam mempublikasikan berita, wartawan harus memahami mana yang boleh dan mana yang tidak boleh untuk dipublikasikan,” terang Umar.
          Sementara Ketua PWI Sumut H Hermansah dalam kegiatan tersebut menyampaikan tentang pedoman dalam berbagai pemberitaan, khususnya pemberitaan ramah anak serta pelaksanaan UKW yang akan dilaksanakan di Kota Tebing Tinggi. Sedangkan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Rizal R Surya dalam paparannya menyampaikan materi tentang tata cara menulis dan mencari berita yang baik dan layak untuk diberitakan.
          Kegiatan ini turut juga dihadiri oleh Asisten Adm Umum Kamlan, Kadis Kominfo Tebing Tinggi Dedi Siagian, Kabag Humas PP Abdul Halim Purba beserta jajarannya serta seluruh Wartawan Unit Pemko Tebing Tinggi. (Ron)
Facebook Comments