Delegasi Kota Toyama Jepang Kunjungi Kota Tebing Tinggi

Kunjungan Delegasi Toyama City, Jepang ke Kota Tebing Tinggi yang disambut Wakil Wali Kota H Oki Doni Siregar bersama para pimpinan OPD.

TEBINGTINGGI-NN
Pematangan jalinan kerjasama pembangunan antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan Kota Toyama Jepang, ditindaklanjuti dengan adanya kunjungan sejumlah delegasi dari Negeri Sakura ke Kota Tebing Tinggi, yang diterima oleh Wakil Wali Kota H Oki Doni Siregar bersama para pimpinan OPD di Lantai IV Gedung Balai Kota Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Rabu (25/9/2019).

Rombongan delegasi Kota Toyama yang dipimpin Mr Khosin Takata terdiri dari Shoji Kobayasi, Keiichi Kobayashi (Toyami City), Yasuke Wakaki, Akira Fuji (Hokusan/Gas Company), Horosi Nishikawa (Nihon Kucho Hokuriku/Facylity Company), Hidenori Ishigiro, dan Ryo Yamase (Janus/Consulting Company). Dalam kesempatan itu, Mr Koshin Takata menyampaikan bahwa kunjungannya ke Kota Tebing Tinggi untuk melakukan observasi yang terfokus pada penurunan emisi CO2 di kota ini.

“Tim konsultan kami yang akan berada disini hingga 1 Oktober 2019, yang nantinya akan menyerap aspirasi konkrit yang dibutuhkan oleh Kota Tebing Tinggi, dan observasi terfokus pada penurunan CO2 (free CO2) dan agenda lainnya”, jelas Mr Koshin. Disampaikannya juga bahwa kedatangan delegasi pemerintahan Toyama City bersama dengan perwakilan beberapa perusahan dan consultan itu, selain untuk memperoleh informasi sekaligus ingin melihat langsung dilapangan kerjasama yang dilakukan sesuai bidangnya.

Untuk itu diharapkan masing – masing OPD selain menjelaskan kondisi yang bisa dilakukan kerjasama, juga apa – apa yang dapat dikerjasamakan, serta apa yang diperlukan dari Kota Toyama untuk Kota Tebing Tinggi. “Kami memerlukan informasi secara jelas dan akurat serta apa saja yang akan diperlukan, karena kerja sama ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Kementerian Dalam Negeri di Jakarta”, sebutnya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota H Oki Doni Siregar didampingi para asisten dan pimpinan OPD menyampai bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Kota Toyama Jepang dan Kota Tebing Tinggi. “Kunjungan kali ini guna lebih menkonkritkan lagi pembahasan kerjasama saat Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan melakukan kunjungan ke Kota Toyama pada Agustus 2019 belum lama ini,” ujarnya.

Kepada para pimpinan OPD, Oki Doni berharap dukungan penuh agar kunjungan studi kelayakan yang dilakukan oleh Toyama City ke Kota Tebing Tinggi dapat memberikan hasil yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tebing Tinggi. Adapun rencana kerjasama antara Tebing Tinggi dan Kota Toyama pada beberapa bidang diantaranya PDAM Tirta Bulian, Dinas PUPR, RSUD Kumpulan Pane, Dinas Perkimsih, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian.

Setelah pertemuan di Balai Kota, delegasi Kota Toyama didampingi para pimpinan OPD kemudian melanjutkan kunjungan langsung ke lapangan untuk melihat kondisi riil, dan pertemuan selanjutnya akan dilakukan di Kota Toyama Jepang dalam bentuk seminar hasil dari kunjungan tersebut. (Ron)

 

Facebook Comments