Jalan Rusak Petani Angkut Padi Pakai Sampan

 

NusantaraNews.co.id masyarakat Desa Pematang Terang Kecamatan  Tanjung Beringin, Kabupaten Serdangbedagai  (Sergai) mengeluhkan ruas ‘jalan usaha tani’ yang hampir merata kondisinya hancur-hancuran di wilayah setempat, sehingga sama sekali tidak bisa dilalui. Akibatnya, sepanjang tahun petani di daerah ini kesulitan mengangkut hasil panennya dan biaya yang dikeluarkan cukup besar.

“Di sini terhampar ribuan hektar areal persawahan. Sepanjang tahun kami harus bersusah payah mengeluarkan hasil panen dengan biaya yang cukup tinggi. Tolong pak agar pembangunan jalan usaha tani di daerah ini diprioritaskan ,” ungkap Siregar menyampaikan permasalahan yang dihadapi petani setempat pada kegiatan Reses anggota DPRDSU Wasner Sianturi SE di Dusun I Desa Pematang Terang  Tanjung Beringin Sergai, Kamis (1/11).

Hadir pada kegiatan Reses tersebut sejumlah tokoh masyarakat di antaranya Jiman Siahaan, tokoh agama Pdt W Siregar, para tokoh pemuda desa, anggota DPRD Sergai Arton Sihombing, Camat Tanjung Beringin Zilfikar beserta jajarannya, Kades Pematang Terang M Lumbangaol  serta ratusan warga Desa Pematang Terang.

Parahnya lagi, lanjutnya, akibat jalan usaha tani tidak bisa dilewati, di beberapa lokasi areal persawahan di desa ini, hasil panennya terpaksa diangkut dengan menggunakan sampan. Sebab, tidak memungkinkan untuk dipikul mengingat jaraknya juga yang cukup jauh. Karenanya, selain permasalahan pupuk, irigasi serta infrastruktur jalan yang mengubungkan antar kecamatan,  pembangunan jalan usaha tani ini dapat segera terealisasi.

Menyikapi persoalan tersebut, Wasner Sianturi menegaskan bahwa dirinya selaku wakil rakyat dari F PDI P Dapil IV Sumut siap menampung dan memperjuangkan berbagai aspirasi yang disampaikan masyarakat Desa Pematang Terang. Pembangunan di bidang pertanian di daerah ini, patut disukseskan. Kedaulatan pangan, ujarnya,  sulit diwujudkan jika pertanian tidak dibangun. “Selain menampung aspirasi rakyat, reses dilakukan untuk mengawal program pemerintah serta mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegas Wasner Sianturi. ( Mad)

Facebook Comments