Puting Beliung  Sapu 23 Rumah di Pantai Cermin

 

Rumah warga di Desa Cilawan Pantai Cermin, Sergai rusak akibat di sapu angin puting beliug

SERGAI-NN

Angin puting beliung di serta hujan deras dan petir melanda wilayah kabupaten Sergai dan sekitarnya.  23 rumah di empat dusun  Desa Cilawan, Kec Pantai Cermin, Sergai  porak poranda rusak berat dan ringan  di hantam angin bergemuruh itu Rabu malam (13/3) sekira pukul 23:00 WIB.

Peristiwa  itu terjadi disaat warga mulai beristirahat, awalnya warga bersyukur  sejak tiga bulan terakhirnya ini tidak pernah hujan dan malam itu hujan lebat pun membasahi Pantai Cermin. Namun selang beberapa menit hujan turun angin bertiup kencang dan disertai suara gemuruh yang mengerikan. Pelan-pelan kap atap rumah warga mulai goyang dan terlepas dari bubungan lalu atap pun terbang dan di susul puluhan rumah lainnya.

Puluhan kepala rumah tangga beserta anak-anak mereka pun berlari  keluar rumah untuk menyelamatkan diri, sedangkan perabotan dibiarkan basah kuyup, hingga kini warga masih menggusi di kediaman rumah saudara meraka yang selamat dari terjangan angin tersebut.

Sukarman (53) salah satu korban mengatakan malam itu sudah tidur namun terdengar suara atap sengnya berbunyi lalu terlepas dan terbang keatas, ia bersama anak dan istri langsung keluar rumah dan menyelamatkan diri “ Semua tidak menduga hujan yang diharapkan membawa bencana bagi keluarga kami dan kini kami hanya bisa mengharapkan bantuan material agar bisa menyisip kerusakan pada rumah kami” papar Sukarman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD)  Kab Sergai Hendri Suharto  mengatakan dari  23 rumah tersebut terjadi kerusakan ringan dan berat, rata-rata rumah yang rusak type permanen dan semi permanen sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan bantuan untuk para korban bantuan material di jadwalan akan tiba sore. “ Ada 23 rumah yang rusak berat dan ringan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu kerugian  semuanya di total hampir Rp 200 juta dan kini bantuan segera diupayakan secepat mungkin” papar Hendri Suharto.(DR01)

Facebook Comments