Bupati Soekirman Beri Pembekalan Paskibraka Kabupaten Sergai Tahun 2018

NusantaraNews.co.id Pada malam hari ini kita lakukan pembekalan kata-kata sebelum kalian kembali ke keluarga, kembali ke masyarakat dan sekolah. Gunung akan terasa tinggi jika dilihat, namun akan terasa rendah jika kita sudah mendakinya dan berada dibawah telapak kaki kita. Ucap Bupati Sergai Ir.H.Soekirman saat memberikan Beri Pembekalan Paskibraka Kabupaten Sergai Tahun 2018 Jumat (17/8)

“ Tugas kalian seperti melihat puncak gunung yang tinggi, namun setelah pengibaran sang merah putih pada detik-detik proklamasi tadi  pagi dan penurunan sang merah putih tadi sore, puncak gunung tersebut telah berada di bawah telapak kaki kalian”: ucapnya

Lebih lanjut dikatakannya Soekirman, Ketika paskibraka diresmikan kemarin, saya merasa hanya itu cara yang dipakai negara untuk mentransfer energi sosial patriotisme dan rasa kebanggaan serta cinta tanah air kepada generasi muda.

Terkait kita memasuki zaman milenial atau milenium saat ini, seluruh negara berkomitmen untuk mengurangi angka kemiskinan. Hingga saat ini angka kemiskinan di negara Indonesia masih belum banyak perubahan. Target 12 tahun ke depan SDGs dengan 17 target yang akan dicapai salah satunya adalah menghilangkan kemiskinan, kelaparan serta pendidikan dan kesetaraan untuk semua, termasuk kesetaraan gender.

Kedepannya kalian memiliki tantangan yang berbeda dengan kami yang telah tua ini, sebagai contoh zaman sekarang sudah ada mobil otonom tanpa supir, gardu tol tanpa orang, serta kemudahan teknologi lainnya seperti transportasi dan jasa yang dapat dipesan melalui ponsel saja. Traktor membajak sawah tidak pakai sopir, serta drone yang dipakai untuk memantau lahan yang tidak terpakai. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi kalian. Hanya 24 jam waktu produktif yang kita miliki dalam hidup sehari-hari.

Bangun jaringan dan kreativitas dirimu, serta gunakan jaringan yang ada semaksimal mungkin seperti motto to have (memiliki) atau to be (menjadi), tergantung kalian generasi muda yang menjalaninya. Mari kita munculkan harapan bahwa mencintai negara itu sangat penting untuk ditanamkan dalam jiwa generasi muda saat ini.

Saat ini yang cepat itulah yang akan menang. Target kita saat ini adalah menjaga agar dapat menekan bahkan menghilangkan status darurat narkoba yang telah semakin mengkhawatirkan.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman berpesan kepada paskibraka untuk menjaga kesehatan karena kesehatan adalah segala-galanya. “Terimakasih atas pengabdian yang telah diberikan, titip salam untuk orang tua dan keluarga dirumah. Kalian telah menjadi mitra Pemerintah daerah untuk mengharumkan nama daerah dan nasional, gapai cita-cita dan mimpi kalian dengan belajar keras dan mental tidak kuat yang tidak menyerah atas halangan, keadaan dan tantangan dalam mencapai mimpi tersebut”

Sebelumnya Motivator muda Sergai Dra. Rani Djambak, MA dalam penampilan aransemen musik modern dan etniknya mengajak generasi muda memahami Indonesia dalam keberagaman suku budaya sebagai bangsa yang multikultural. Kita boleh saja menjadi generasi milenial namun dengan tidak meninggalkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Hal demikian agar kita hendaknya saling menghormati karena itulah asset bangsa kita. Seperti halnya musik yang saya tampilkan pada setiap kesempatan saat diluar maupun di dalam negeri yang selalu mengedepankan unsur budaya asli Indonesia.( DR01)

Facebook Comments